KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPING
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1.34917Keywords:
Quality of question, Final assessment, evaluationAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X TKRO di SMK Muhammadiyah Gamping Periode 2018/2019 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKRO SMK Muhammadiyah Gamping. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program ITEMAN versi 4.3 dan program Microsoft Excel. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Kualitas soal berdasarkan validitas, soal valid berjumlah 15 soal atau 37,5% sedangkan soal tidak valid berjumlah 25 soal atau 62,5%; (2) Kualitas soal berdasarkan reliabilitas, dapat disimpulkan butir soal Penilian Akhir Tahun mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X TKRO SMK Muhammadiyah periode 2018/2019 memiliki koefisien reliabilitas rendah sebesar 0,657; (3) Kualitas soal berdasarkan tingkat kesukaran, butir tergolong sukar berjumlah 12 butir atau 30%, butir soal tergolong sedang/cukup berjumlah 24 butir atau 60%, dan butir soal yang tergolong mudah berjumlah 4 butir atau 10%; (4) Kualitas soal berdasarkan daya pembeda, butir soal memiliki daya pembeda jelek berjumlah 18 butir atau sebesar 45%, butir soal yang memiliki daya pembeda cukup berjumlah 8 butir atau sebanyak 20%, butir soal yang memiliki daya pembeda baik berjumlah 7 butir atau sebesar 17,5% dan butir soal yang memiliki daya pembeda negatif berjumlah 7 butir soal atau sebesar 17,5%; (5) Kualitas soal berdasarkan analisis efektivitas pengecoh, terdapat 19 (47,5%) butir soal berkualitas baik, sebanyak 10 (25%) butir soal berkualitas kurang baik dan 11(27,5%) berkualitas jelek.
Kata kunci: Kualitas Butir Soal, Teknologi Dasar Otomotif, SMK Muhammadiyah Gamping.
References
Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bagiyono. 2017. Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Jurnal Widyanuklida. Vol. 16 No. 1, November 2017: 1 – 12. Pusdiklat batan.
Oktanin, Wika Setvi dan Sukirno. 2015. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. XIII. No. 1. Tahun 2014. Hal. 35-44. Universitas Negeri Yogyakarta.
Purnama, E. R. D., & Martubi, M. (2017). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF DAN MESIN OTOMOTIF. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 21(1).
Rahayu, Rahmatika dan M. Dzajari. 2016. Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. XIV. No. 1. Yogyakarta: FE UNY.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.
Syaodih, Nana Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Windarto, F., & Martubi, M. (2017). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA DIKLAT DASAR-DASAR MESIN. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 19(2).
Zein, Anizam, Rahma Novianti, dan Muhyiatul Fadillah. 2013. Hubungan Antara Validitas Butir, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Semester Genap Bidang Studi Biologi Kelas XI SMA/MA Negeri di Kota Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Prosiding. Lampung: FMIPA Universitas Lampung.
Zulaiha, Rahmah. 2008. Bagaimana Menganalisis Soal dengan Program ITEMAN.Jakarta:PUSPENDIK
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.