PENGELOLAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ALTERNATIF KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH DI SALATIGA JAWA TENGAH

pendidikan alternatif komunitas belajar

Authors

September 24, 2014
March 1, 2014

Downloads

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan persepsi tentang pelaksanaan program pendidikan alternatif melalui pembelajaran di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) berkaitan dengan: (1) Filsafat pendidikan, (2) Pengelolaan pembelajaran, (3) Hasil pembelajaran, (4). Faktor pendukung dan penghambat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi interpretitif. Subyek penelitian adalah pendiri, pendamping dan warga belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) riset kepustakaan, (2) teknik dokumentasi, (3) riset lapangan. Metode analisis data dilakukan dengan cara: (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Filosofi pendidikan menggunakan konsep Paulo Friere dengan pembelajaran kontruktivisme maupum rekontruktivisme, (2) Pengelolaan program pembelajaran berkaitan: (a) perencanaan yang dilakukan oleh, untuk dan bagi komunitas; (b) pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara fleksibel; (c) evaluasi dilakukan dengan melaporkan catatan kegiatan belajar, (3) Hasil pembelajaran diwujudkan dalam bentuk karya, (4) Faktor pendukungnya adalah teman komunitas, dan faktor penghambatnya adalah kurang memahami konsep pembelajaran serta kurangnya pendampingan yang efektif.

Kata Kunci: pendidikan alternatif, komunitas belajar

 

MANAGEMENT LEARNING PROGRAM ALTERNATIVE EDUCATION COMMUNITY LEARNING QARYAH THAYYIBAH IN SALATIGA CENTRAL JAVA

Abstract

This study aims to reveal the perception of an alternative education program through the implementation of learning in Community Learning Qaryah Thayyibah (QTLC) relating to: (1) Philosophy of education, (2) learning management, (3) learning outcome, (4). Enabling and inhibiting factors .This study used a qualitative approach interpretitif phenomenology. Subjects were founders, mentors and learners. Data collected by: (1) the research literature, (2) technical documentation, (3) research field. Methods of data analysis done by: (a) data reduction, (b) the presentation of the data, (c) drawing conclusions. The research results revealed that: (1) educational philosophy using the concept of Paulo Friere with constructivism learning, (2) Management related learning program: (a) planning done by, to and for the community, (b) the implementation of flexible learning is done; (c) evaluation is done by reporting record learning activities, (3) learning outcomes manifested in the form of work, (4) is a factor supporting community friends, and inhibiting factor is the lack of understanding of the concept of learning as well as the lack of effective mentoring

Keywords: alternative education, community learning