PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH

Authors

  • Musa Pelu Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Achmad Dardiri Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
  • Darmiyati Zuchdi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9820

Keywords:

pendidikan budi pekerti, modal sosial, modal budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan pemberdayaan modal sosial dan modal budaya dalam pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dan SMP Kasatriyan 1 Surakarta.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dan SMP Kasatryan 1 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai pengumpul data. Untuk memperoleh derajad validitas tinggi, digunakan teknik trianggulasi, recheck, dan peerdebriefing. Analisis penelitian dilakukan dengan teknik analisis interaktif yang meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Jaringan kerjasama yang sinergis dilandasi rasa percaya dan kesamaan nilai/norma merupakan modal sosial yang telah dimanfaatkan dan diberdayakan dalam rangka mendukung pelaksanaan kebijakan kurikulum pendidikan budi pekerti di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dan SMP Kasatriyan 1 Surakarta. (2) Kultur sekolah berbasis budi pekerti dan agama di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dan kultur sekolah berbasis budi pekerti dan multikultural serta kultur komunitas merupakan modal budaya utama yang dimanfaatkan dan dikelola dalam pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Budi Pekerti.

Downloads

Published

2016-10-05

How to Cite

[1]
Pelu, M. et al. 2016. PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 3, 2 (Oct. 2016), 198–212. DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9820.

Issue

Section

Articles