PENDIDIKAN NILAI KEBANGSAAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMA TARUNA NUSANTARA DAN SMA KOLESE DE BRITTO

Authors

  • Emmanuel Kus Eddy Sartono
  • Noeng Muhadjir Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sumarno Sumarno

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9815

Keywords:

pendidikan nilai kebangsaan, budaya sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola pendidikan nilai kebangsaan hasil sintesis dari pola pendidikan nilai kebangsaan melalui budaya sekolah di SMA Taruna Nusantara dan SMA Kolese De Britto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif-fenomenologi. Subyek penelitian adalah pengurus yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, karyawan dan orang tua. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, meliputi: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan dan persamaan pola pendidikan nilai-nilai kebangsaan melalui budaya sekolah antara SMA Taruna Nusantara dengan SMA Kolese De Britto, meskipun demikian penelitian ini menemukan budaya sekolah efektif untuk membentuk karakter kebangsaan siswa. Sintesisnya penggabungan Sistem Among, cara Tutwuri Handayani, budaya kedisiplinan, Paradigma Pedagogi Ignasian, cura personalis dan budaya pendidikan bebas akan meningkatkan penanaman nilai kebangsaan siswa tidak sekedar pada ranah kognitif dan afektif tetapi sampai pada ranah perilaku kebangsaan.

Downloads

Published

2016-10-05

How to Cite

[1]
Sartono, E.K.E. et al. 2016. PENDIDIKAN NILAI KEBANGSAAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMA TARUNA NUSANTARA DAN SMA KOLESE DE BRITTO. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 3, 2 (Oct. 2016), 142–150. DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9815.

Issue

Section

Articles