PENDAYAGUNAAN MODAL SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT: STUDI PADA PROGRAM PENDIDIKAN DESA VOKASI

Authors

  • Entoh Tohani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sumarno Sumarno Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yoyon Suryono Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.7534

Keywords:

modal sosial, pendidikan, kewirausahaan' pemberdayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pendayagunaan modal sosial dalam pendidikan kewirausahaan masyarakat dalam upaya memberdayakan masyarakat. Sebagaimana diketahui, keberhasilan penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan ditentukan oleh keberfungsian modal sosial yang didayagunakan oleh kelompok sasaran. Modal sosial dipandang sebagai sesuatu yang produktif untuk keberhasilan pengelolan usaha wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Unit analisis yang dikaji adalah pendidikan kewirausahaan masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk program pendidikan desa vokasi yang terdiri dari satu PKuM rintisan dan dua PKuM imbas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendayagunaan modal sosial yang mencakup pemanfaatan nilai, norma, dan komitmen positif, pengembangan kepercayaan, pengembangan jejaring wirausaha, dan pengelolaan informasi dan komunikasi dalam upaya menyukseskan usaha wirausaha dilakukan oleh para pelaku wirausaha atau kelompok sasaran dengan tingkat kualitas pendayagunaan yang berbeda-beda. Pendayagunaan modal sosial ini menghasilkan manfaat bagi kelompok sasaran yang mencakup peningkatan jejaring usaha, pengetahuan dan keterampilan, legalitas dan pendanaan. Oleh karenanya, modal sosial sebagai salah satu penentu keberhasilan penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan dan/atau pemberdayaan masyarakat perlu dimanfaatkan dan dikembangkan secara berkelanjutan dan akuntabel.

Author Biographies

Entoh Tohani, Universitas Negeri Yogyakarta

ENTOH TOHANI, lahir di Pandeglang, pada tanggal 12 Mei 1980. Ia lulus sarjana pendidikan dari Universitas Negeri Yogyakarta. Sejak 2015, bekerja sebagai pengajar di jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Ia mengajar dalam bidang perencanaan dan pengembangan program pendidikan nonformal.

 

Sumarno Sumarno, Universitas Negeri Yogyakarta

SUMARNO merupakan seorang dosen  Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau pun aktif mengajar di beberapa universitas swasta di Yogyakarta. Minat kajiannya mencakup pengelolaan pendidikan nonformal, evaluasi pendidikan, modal sosial dan kebijakan pendidikan.

Yoyon Suryono, Universitas Negeri Yogyakarta

YOYON SURYONO, lahir di Majalengka pada tanggal 22 Januari 1951. Beliau merupakan guru besar di Fakultas Ilmu Pendidikan,  Universitas Negeri Yogyakarta dalam bidang Evaluasi dan Kebijakan Pendidikan Luar Sekolah.

Downloads

Published

2016-10-05

How to Cite

[1]
Tohani, E. et al. 2016. PENDAYAGUNAAN MODAL SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT: STUDI PADA PROGRAM PENDIDIKAN DESA VOKASI. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 3, 2 (Oct. 2016), 151–166. DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.7534.

Issue

Section

Articles