Efektivitas penggunaan media pembelajaran audio-visual berbasis e-learning pada pembelajaran akutansi

Authors

  • Siswanto Siswanto Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-6592-4461
  • Rizqi Ilyasa Aghni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Merinda Noorma Novida Siregar"¬ Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Dian Normalitasari Purnama Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-5457-0058

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40016

Keywords:

Audio-visual, kurikulum, media pembelajaran, pembelajaran akuntansi, curriculum, learning media, accounting learning

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY pada mata kuliah kurikulum dan pembelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Kuasi Esperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan uji normalitas menggunakan chi square, uji homogenitas menggunakan uji-F, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penggunaan media audio visual dinilai tidak efektif untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada pembelajaran akuntansi; (2) Penggunaan media pembelajaran yang berbasis audio visual menunjukkan kenaikan nilai jika dibandingkan antara pre-test dengan post tes. (3) Akses media pembelajaran audio visual yang diakses melalui e-learning  cenderung membutuhkan fasilitas sinyal internet dan kuota internet cukup baik dan besar membuat mahasiswa enggan dalam memaksimalkan keseluruhan media pembelajaran audio – visual yang telah disediakan untuk menunjang kegiatan.

Abstract
This study aims to determine the effectiveness of using instructional media in increasing understanding of accounting learning. This research was conducted in the Accounting Education Study Program, FE UNY, in the curriculum and accounting courses of study. This research is experimental research with a quasi-experimental type. The data analysis technique used in this research is descriptive data analysis with data analysis techniques using the normality test using the chi-square test, homogeneity test using the F-test, and hypothesis testing using the t-test. The results showed (1) the use of audio-visual media was considered ineffective to improve student achievement in accounting learning; (2) The use of audio-visual-based learning media shows an increase in value when compared between pre-test and post-test. (3) Access to audio-visual learning media accessed through e-learning tends to require internet signal facilities and the internet quota is quite good and large, making students reluctant to maximize the overall audio-visual learning media that has been provided to support activities

 

References

Al-Soraiey-Alqahtani, A. A. Y. (2010). The effectiveness of using e-learning, blended learning and traditional learning on students' achievement and attitudes in a course on Islamic culture: an Experimental study [Durham University]. http://etheses.dur.ac.uk/817/

Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2014). The role of e-learning, advantages and disadvantages of its adoption in higher education. International Journal of Education and Research, 2(12), 396–410. https://www.ijern.com/journal/2014/December-2014/34.pdf

Grabinskia, K., Kedzior, M., & Krasodomska, J. (2015). Blended learning in tertiary accounting education in the CEE region – A Polish perspective. Accounting and Management Information Systems, 14(2), 378–397. https://ideas.repec.org/a/ami/journl/v14y2015i2p378-397.html

Hariyanti, D., Mun'im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring selama pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.4

Kozma, R. B. (1991). Learning with media. Review of Educational Research, 61(2), 179–211. https://doi.org/10.3102/00346543061002179

Lin, H.-M., Chen, W.-J., & Nien, S.-F. (2014). The study of achievement and motivation by e-learning–A case study. International Journal of Information and Education Technology, 4(5), 421–425. https://doi.org/10.7763/IJIET.2014.V4.442

Munir, M. (2010). Penggunaan Learning Management System (LMS) di perguruan tinggi: Studi kasus di Universitas Pendidikan Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 1, 109–119. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.222

Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan: Sinergitas Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 121–126.

Rizqi, N. W. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis audiovisual Powtoon materi pythagoras untuk siswa kelas VIII SMP/MTs [Institut Agama Islam Negeri Tulungagung]. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/20289/

Rusmana, I. M., & Isnaningrum, I. (2012). Efektivitas penggunaan media ICT dalam peningkatan pemahaman konsep matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 198–205. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i3.102

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19 (Online learning in the middle of the Covid-19 pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 214–224. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759

Seidel, T., Blomberg, G., & Renkl, A. (2013). Instructional strategies for using video in teacher education. Teaching and Teacher Education, 34, 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2013.03.004

Siswanto, S., Suyanto, S., & Kartowagiran, B. (2017). Nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran akuntansi sebagai pengembangan karakter siswa di SMK. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(1), 75–86. https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i1.14534

Speyers, C. L. (1902). Chemistry in Education. School Science and Mathematics, 2(3), 133–139. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1902.tb00418.x

Taniady, V., Setiawan, I., & Waluya, B. (2016). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran geografi (penelitian eksperimen kuasi pada kelas X SMA Labschool UPI Bandung). Jurnal Geografi Gea, 16(2), 132–143. https://doi.org/10.17509/gea.v16i2.5231

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Merdeka belajar dalam pandemi: Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh berbasis mobile. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(2), 86–96. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.35747

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

[1]
Siswanto, S. et al. 2021. Efektivitas penggunaan media pembelajaran audio-visual berbasis e-learning pada pembelajaran akutansi. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 8, 2 (Apr. 2021), 134–143. DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40016.

Issue

Section

Articles

Citation Check