Proses internalisasi nilai-nilai Pancasila terhadap generasi muda Karang Taruna Balai Tongah Koto
Ananda Azwar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Abstract
Tujuan peneiltian ini adalah untuk meneliti tentang proses internalisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi muda Karang Taruna di Kelurahaan Balai Tongah Koto, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh. Nilai-nilai Pancasila tersebut adalah nilai ketuhanan nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai musyawarah, dan nilai keadilan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana informan dalam penelitian adalah 19 perangkat serta anggota Karang Taruna di Kelurahaan Balai Tongah Koto, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh. Penelitian dilakukan selama 3 bulan dari bulan November 2020 sampai dengan bulan Januari 2021.Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi dengan cara pengecekan data kemudian membandingkan data dengan sumber lain. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengacu pada model analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verivikasi). Hasil dari pene-litian ini menjelaskan bahwa dalam penelitian ini terdapat penghambat dalam melaksanakan nilai-nilai Pancasila karena kurang adanya landasan dalam internalisasi nilai-nilai Pancasila, kurangnya partisipasi generasi muda, serta kurang terjalinnya kerjasama antara masyarakat dengan karang taruna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi muda Karang Taruna Balai Tongah Koto yang dilakukan belum sepenuhnya maksimal, karena kurangnya partisipasii dari anggota karang taruna.
Abstract
The purpose of this study is to examine the Process of Internalizing the Values of Pancasila to The Younger Generation of Youth Organization Tongah Koto Hall Payakumbuh City. The values of Pancasila are the values of godliness, the value of humanity, the value of unity, the value of deliberation, and the value of justice. The research method used is the descriptive qualitative research method. The informant in the research is nineteen devices and cadet coral members in The Village of Balai Tongah Koto, District Payakumbuh North, Payakumbuh City. The research was conducted for three months, from November 2020 to January 2021. Data validity test was conducted by observation perseverance technique and triangulation technique by checking data and comparing data with other sources. The data obtained was analyzed by referring to Miles and Huberman's analysis model with data reduction, data presentation, and inference (verification). The results of this study explain that there are obstacles in implementing the values of Pancasila because of the lack of foundation in the internalization of the values of Pancasila, the lack of participation of the younger generation, and the lack of cooperation between the community and youth organizations. This research concluded that the process of internalizing the values of Pancasila in the younger generation of Balai Tongah Koto youth organizations was not fully maximized due to the lack of participation of youth organization members.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chairiyah, C. (2014). Revitalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai pendidikan karakter. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v1i1.790
Firdaus, B., & Anwar, R. (2020). Memaknai nilai kemanusiaan dalam sila kedua. Retrieved June 16, 2021, from Character Building BINUS University website: https://binus.ac.id/character-building/pancasila/memaknai-nilai-kemanusiaan-dalam-sila-kedua/
Gifari, A., Rispawati, R., & Yuliatin, Y. (2019). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menumbuhkan nasionalisme di lingkungan sekolah Islam (studi di Mts Al-Falah Pancor Dao Lombok Tengah). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 107–120. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.95
Hasni, H., Herman, H., & Ibrahim, I. (2017). Strategi guru IPS dalam internalisasi nilai-nilai moral siswa di SMP Nusantara Makassar. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(1), 61–66. https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.4429
Hendri, H., Darmawan, C., & Halimi, M. (2018). Penanaman nilai-nilai Pancasila pada kehidupan santri di pondok pesantren. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(2), 103–110. https://doi.org/10.21831/jc.v15i2.18476
Suaila, A., & Krisnan, J. (2019). Menggali kembali peran Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara dalam pembangunan hukum nasional di era global. Law and Justice, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.23917/laj.v4i1.8066
Suhartono, S. (2019). Implementasi nilai musyawarah pada Pancasila melalui metode diskusi kelas dalam pembelajaran PPKn Kelas IX di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(3), 263–269. https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i3.4487
Sunoto, I., & Nulhakim, A. L. (2017). Mengukur tingkat partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna dengan pengekatan metode fuzzy infrence system mamdani. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Kompute, 8(2), 711–720. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1585
Supriadi, A., Matnuh, H., & Mitha, M. (2014). Internalisasi nilai nasionalisme dalam pembelajaran PKn pada siswa MAN 2 Model Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(8), 649–655. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/120462-ID-none.pdf
Widodo, A. (2017). Program pemberdayaan ‘sedekah pohon pisang’: Peran Karang Taruna di Desa Gandri Lampung Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.011-01
DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.38775
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License