Pengembangan bumiku sebagai media pembelajaran lingkungan hidup di sekolah dasar

Authors

  • Ima Siti Halimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nana Djumhana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aprilia Eki Saputri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mela Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i1.34383

Keywords:

Pendidikan lingkungan hidup, buku harian, environmental education, diary

Abstract

Media pembelajaran sebagai alat penunjang penyampaian pembelajaran menjadi bagian yang penting dalam penelitian ini khususnya bagi pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup yang bersifat kontekstual dan mendorong siswa sekolah dasar untuk mengenali masalah lingkungan di sekitarnya. Bumiku sebagai rancangan media pembelajaran yang berupa buku harian interaktif disusun sesuai dengan aspek lingkungan hidup yang berkenaan langsung dengan siswa. Menggunakan metode kualitatif dengan tahapan perencanaan, produksi, dan evaluasi sebagai tahapan dan proses rancangan Bumiku. Hasil penelitian berupa media grafis berbentuk buku harian interaktif dengan isi konten berupa pertanyaan dan artikel pendek berdasarkan aspek lingkungan yang berkenaan dan berdampak langsung pada kehidupan siswa sekolah yang diantaranya  energi listrik, sampah, kondisi alam, sanitasi, dan pemanasan global.

Abstract

Learning media as a means of supporting the delivery of learning is an important part of this study, especially for learning contextual environmental education and encouraging elementary school students to recognize environmental problems in their surroundings. Bumiku as a learning media design in the form of an interactive diary arranged in accordance with environmental aspects that are directly related to students. Using qualitative methods with the planning, production, and evaluation stages as the process of the Bumiku design. The results of the research are graphic media in the form of interactive diaries with content in the form of questions and short articles based on environmental aspects that have a direct impact on the lives of school students, including electrical energy, waste, natural conditions, sanitation, and global warming

 

Published

2020-12-20

How to Cite

[1]
Halimah, I.S. et al. 2020. Pengembangan bumiku sebagai media pembelajaran lingkungan hidup di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 8, 1 (Dec. 2020), 1–7. DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i1.34383.

Issue

Section

Articles