Relevansi berpikir matematis terhadap perkembangan psikososial berbasis teksonomi bloom dalam pembelajaran matematika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.29649

Keywords:

Matematika, taksonomi bloom, berpikir matematis, psikososial, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pentingnya pembelajaran matematika untuk melatih berpikir matematis terhadap perkembangan psikososial berbasis Taksonomi Bloom bagi siswa sekolah dasar. Hal ini terlihat dari asumsi guru di lapangan, yakni bahwa siswa dikatakan telah mengusai materi yang diberikan bila telah memperoleh nilai yang baik dari suatu tes. Ditambah dari beberapa survei Internasional seperti WEF, TIMSS, dan PISA yang menyebutkan bahwa capaian pembelajaran matematika anak-anak Indonesia masih jauh dari kata yang menggembirakan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan memilah-milah sumber referensi yang terkait untuk dapat dikaji dan dianalisis secara komprehensif. Hasil dari penelitian ini adalah guru harus memperhatikan tingkatan Taksonomi Bloom yang tepat, termasuk dalam membuat dan menyusun soal yang berguna untuk melatih berpikir matematis dalam kehidupan sehari-hari yang juga harus ditunjang dari lingkungan sosial siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran pembelajaran matematika sekolah dasar.

Published

2020-11-09

How to Cite

[1]
Fendrik, M. 2020. Relevansi berpikir matematis terhadap perkembangan psikososial berbasis teksonomi bloom dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 7, 2 (Nov. 2020). DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.29649.

Issue

Section

Articles