Pengembangan modul pembelajaran aksara jawa “Dinta Swara” dalam huruf Braille untuk siswa tunanetra

Triyanto Triyanto, Sari Rudiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran aksara Jawa“dinta swara” yang sesuai untuk siswa tunanetra, dan (2) mengukur efektifitas modul pembelajaran aksara Jawa dalam meningkatkan kemampuan siswa tunanetra mengenai baca tulis aksara Jawa dalam huruf Braille. Pengembangan modul pembelajaran ini dilakukan melalui studi pendahuluan, pembuatan desain produk, produk akhir, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran aksara Jawa dalam huruf Braille efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa tunanetra mengenai pelajaran bahasa Jawa, khususnya dalam materi baca tulis aksara Jawa. Peningkatan kemampuan tersebut terlihat dari hasil pretest dan posttest yang dilakukan. Pada pretest uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 40,00, pada posttest uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 7,33. Sedangkan pada pretest uji coba lapangan lebih luas diperoleh hasil 44,00, dan pada posttest uji coba lapangan lebih luas diperoleh hasil 70,66.

Kata kunci: modul pembelajaran, aksara jawa, huruf braille, siswa tunanetra

 

 

DEVELOPING A MODULE FOR THE LEARNING OF THE JAVANESE ALPHABET “DINTA SWARA” IN BRAILLE FOR BLIND STUDENT

Abstract

This study aims to: (1) produce a module of learning Java script "dinta swara" appropriate for blind students, and (2) measure the effectiveness of Javanese script module in improving the ability of students with visual impairment about reading Javanese script in Braille. The development of this learning module is done through preliminary study, product design, final product, and evaluation. The results showed that the Javanese script module in Braille is effective in improving the ability of blind students on Javanese lesson, especially in Javanese literacy reading material. Improvement of ability is seen from result of pretest and posttest done. In the small group trial pretest obtained 40.00 results, in small group trial posttest obtained results 7.33. While in pretest field trial more broadly obtained result 44,00, and at posttest field trial more broadly obtained result 70,66.

Keywords: learning module, Javanese script, braille, blind student

Keywords


learning module; Javanese script; braille; blind student

Full Text:

Fulltext PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i2.14765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Our journal indexed by:



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats