Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Multikultural

Authors

  • Suparmi Suparmi

DOI:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1055

Abstract

Abstrak

Pendidikan Multikultural diharapkan menyadarkan warga negara Indonesia bahwa bangsa ini adalah bangsa yang beranekaragam. Sebagai upaya, pendidikan multikulural di dalam kurikulum terintegrasi atau menyatu dengan mata pelajaran lain. Penerapan pedidikan multikultural yang integratif dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif. Dasar pembentukan kelompok dalam pembelajaran kooperatif yang efisien dengan membentuk kelompok non permanen dengan perjanjian sesi atau pertemuan tatap muka. Pembiasaan dengan dasar pembentukan kelompok yang variatif dalam model pembelajaran kooperatif akan mengembangkan kesadaran bahwa hidup sekarang dan nanti bagi siswa adalah tidak ada masalah dalam penyesuaian.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, pendidikan multikultural, perjanjian sesi/pertemuan

Downloads

Published

2013-01-09

How to Cite

[1]
Suparmi, S. 2013. Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 1, 1 (Jan. 2013). DOI:https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1055.