Pelatihan Analisis Data Pendidikan dan Ilmu Sosial dengan Program JASP

Authors

  • Kismiantini Kismiantini Program Studi Statistika, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Andika Putri Ratnasari Program Studi Statistika, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rizky Nur'aini Program Studi Statistika, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.83501

Keywords:

pelatihan, analisis data, JASP, pendidikan, ilmu sosial

Abstract

Pelatihan Analisis Data Pendidikan dan Ilmu Sosial dengan Program JASP bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dan dosen dalam analisis data menggunakan JASP sebagai alternatif perangkat lunak statistik berbayar. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) dengan metode pemaparan materi, demonstrasi, dan latihan mandiri. Materi pelatihan mencakup pengoperasian dasar JASP, analisis deskriptif, visualisasi data, uji-t, analisis variansi (ANOVA), dan regresi linear. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebelum pelatihan, 70,59% peserta belum pernah menggunakan JASP dan 82,35% tidak mengenal program ini. Setelah pelatihan, 62,06% peserta menyatakan mampu dan 33,53% sangat mampu menggunakan JASP dalam analisis data. Pelatihan ini juga mendorong penggunaan perangkat lunak open-source dalam dunia akademik. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan akses internet, yang menghambat instalasi program bagi beberapa peserta. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan analisis data peserta. Kedepannya, pelatihan serupa diharapkan dapat diperluas ke program studi lain dan diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran, guna mendukung pendidikan berbasis data di Indonesia.

References

S. Gordon, "Understanding students' experiences of statistics in a service course," Statistics Education Research Journal, vol. 3, no. 1, pp. 40-59, 2004.

JASP Team, JASP (Version 0.18.3) [Computer software], 2024. [Online]. Available: https://jasp-stats.org/

D. L. Neumann, M. Hood, and M. M. Neumann, "Using real-life data when teaching statistics: Student perceptions of this strategy in an introductory statistics course," Statistics Education Research Journal, vol. 12, no. 2, pp. 59-70, 2013.

Downloads

Published

2025-10-03

How to Cite

Kismiantini, K., Ratnasari, A. P., & Nur’aini, R. (2025). Pelatihan Analisis Data Pendidikan dan Ilmu Sosial dengan Program JASP. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 9(2), 111–117. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.83501