Pelatihan Analisis Data Pendidikan dan Ilmu Sosial dengan Program JASP
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.83501Keywords:
pelatihan, analisis data, JASP, pendidikan, ilmu sosialAbstract
Pelatihan Analisis Data Pendidikan dan Ilmu Sosial dengan Program JASP bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dan dosen dalam analisis data menggunakan JASP sebagai alternatif perangkat lunak statistik berbayar. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) dengan metode pemaparan materi, demonstrasi, dan latihan mandiri. Materi pelatihan mencakup pengoperasian dasar JASP, analisis deskriptif, visualisasi data, uji-t, analisis variansi (ANOVA), dan regresi linear. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebelum pelatihan, 70,59% peserta belum pernah menggunakan JASP dan 82,35% tidak mengenal program ini. Setelah pelatihan, 62,06% peserta menyatakan mampu dan 33,53% sangat mampu menggunakan JASP dalam analisis data. Pelatihan ini juga mendorong penggunaan perangkat lunak open-source dalam dunia akademik. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan akses internet, yang menghambat instalasi program bagi beberapa peserta. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan analisis data peserta. Kedepannya, pelatihan serupa diharapkan dapat diperluas ke program studi lain dan diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran, guna mendukung pendidikan berbasis data di Indonesia.References
S. Gordon, "Understanding students' experiences of statistics in a service course," Statistics Education Research Journal, vol. 3, no. 1, pp. 40-59, 2004.
JASP Team, JASP (Version 0.18.3) [Computer software], 2024. [Online]. Available: https://jasp-stats.org/
D. L. Neumann, M. Hood, and M. M. Neumann, "Using real-life data when teaching statistics: Student perceptions of this strategy in an introductory statistics course," Statistics Education Research Journal, vol. 12, no. 2, pp. 59-70, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kismiantini Kismiantini, Andika Putri Ratnasari, Rizky Nur'aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.