Workshop Inferensi Statistik dengan Pendekatan Berbasis Simulasi
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.83414Keywords:
workshop, inferensi statistik, simulasiAbstract
Mata kuliah Statistika umumnya lebih fokus pada prosedur inferensi bagi parameter secara teoritis dan belum memperhatikan pendekatan berbasis simulasi. Pendekatan berbasis simulasi memiliki kelebihan tanpa adanya pemenuhan asumsi klasik. Di Program Studi Matematika Universitas Nusa Cendana, materi inferensi statistik dengan pendekatan berbasis simulasi masih belum diterapkan secara optimal sehingga kelompok dosen Statistika Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan kegiatan workshop inferensi statistik dengan pendekatan berbasis simulasi. Evaluasi kemampuan peserta dalam memahami dan menerapkan materi yang disampaikan diukur melalui 15 butir pernyataan dengan empat respons skala Likert (sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju). Berdasarkan kuesioner hari pertama (39 peserta memberikan respons lengkap), diperoleh rata-rata 38,10% peserta menjawab "˜sangat setuju', 61,54% "˜setuju', dan 0,37% "˜tidak setuju'. Kemudian kuesioner hari kedua (20 peserta memberikan respons lengkap), diperoleh hasil rata-rata 39,38% peserta menjawab "˜sangat setuju', 58,75% "˜setuju', dan 1,88% "˜tidak setuju'. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa mayoritas peserta dapat memahami materi workshop dan mengikuti pelatihan dengan baik.
References
. Onwuegbuzie, A. J., & Wilson, V. A. (2003). Statistics anxiety: Nature, etiology, antecedents, effects, and treatments--a comprehensive review of the literature. Teaching in higher education, 8(2), 195-209. https://doi.org/10.1080/1356251032000052447
. Tintle, N., Chance, B. L., Cobb, G. W., Rossman, A. J., Roy, S., Swanson, T., & Vander Stoep, J. (2016). Introduction to statistical investigations (1st ed.). John Wiley & Sons.
. Yusuf, Y., Suyitno, H., & Sukestiyarno, Y. L. (2019). The influence of statistical anxiety on statistic reasoning of pre-service mathematics teachers. Bolema: Boletim de Educaí§í£o Matemática, 33, 694-706. https://doi.org/10.1590/1980-4415v33n64a12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kismiantini Kismiantini, Retno Subekti, Indira Ihnu Brilliant, Andika Putri Ratnasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.