Memberdayakan Masa Depan Berkelanjutan: Penyuluhan Kesadaran Tenaga Nuklir untuk Pendidik MA Miftahunnajah

Authors

  • Rida Siti Nur'aini Mahmudah Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
  • Riza Ariyani Nur Khasanah Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta https://orcid.org/0000-0001-6996-8034
  • Mona Sari Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
  • Riki Perdana Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
  • Arum Sari Nurul Hidayah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhammad Ramdhan Haikal Fikri Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ivathuszalma Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhammad Azzaky Musthofa Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.83153

Keywords:

Tenaga Nuklir, PLTN, Energi berkelanjutan, MA Miftahunnajah.

Abstract

Kesadaran akan adanya energi listrik terbarukan yang bersumber dari tenaga nuklir pada masyarakat masih kurang. Peran guru sebagai pendidik sangatlah penting dalam masyarakat dimana guru dapat membantu mensosialisasikan manfaat dari energi terbarukan. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mensosialisasikan teknologi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) kepada para guru MA Miftahunnajah melalui penyuluhan pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengatasi kesalahpahaman dan hoaks yang sering menghambat penerimaan energi nuklir sebagai bagian dari portofolio energi berkelanjutan di Indonesia. Penyuluhan ini memiliki dua tujuan utama. Pertama, memperkenalkan teknologi nuklir, mekanisme operasional, protokol keselamatan, dan manfaat lingkungannya kepada guru, untuk memberikan mereka pengetahuan berbasis sains yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum. Kedua, memperbaiki hoaks dan misinformasi tentang energi nuklir dengan menyampaikan fakta berbasis bukti dan kesaksian ahli, serta menunjukkan potensi nuklir dalam mitigasi perubahan iklim. Sosialisasi tentang tenaga nuklir ini dilakukan dengan penyampaian materi dan diskusi interaktif menggunakan media maket PLTN. Hasil menunjukkan sosialisasi tentang tenaga nuklir berjalan dengan baik, dimana 100% guru menghadiri sosialisasi tersebut dari awal sampai selesai tepat waktu, 100% bahan ajar dalam bentuk video dimiliki oleh guru, 80% pemahaman dan kesadaran guru tentang tenaga nuklir meningkat, serta 50% guru menginginkan pelatihan tambahan. Para guru sangat antusias mendengarkan materi dan aktif bertanya mengenai cara mengurangi miskonsepsi dan ketakutan masyarakat terhadap PLTN, dampak kesehatan, kesiapan sumber daya manusia, dan pengolahan limbah. Kegiatan sosialisasi tentang tenaga nuklir ditutup dengan penyerahan maket tersebut kepada pihak sekolah untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi para siswa. Melalui kegiatan ini, pemahaman dan apresiasi para guru terhadap teknologi nuklir meningkat, serta mereka siap menjadi duta informasi yang mendorong dialog publik yang rasional dan terinformasi mengenai energi nuklir di Indonesia.

References

International Atomic Energy Agency (IAEA). (2020). Advances in Small Modular Reactor Technology Developments.

World Nuclear Association. (2021). Small Modular Reactors.

Slovic, P. (2016). Perception of risk from radiation. Radiation Protection Dosimetry, 165(1-4), 124-129.

Jenkins-Smith, H. C., Silva, C. L., Nowlin, M. C., & deLozier, G. (2017). Reversing nuclear opposition : Evolving public acceptance of a permanent nuclear waste disposal facility. Risk Analysis, 37(3), 629-644.

Nuclear Energy Institute. (2019). The Nuclear Literacy Project.

Dawson, J. I., & Darst, R. G. (2016). Enhancing public engagement in climate change : The role of science muséums. Science Communication, 38(4), 475-499.

Bickerstaff, K., Lorenzoni, I., Pidgeon, N. F., Poortinga, W., & Simmons, P. (2018). Reframing nuclear power in the UK energy debate: Nuclear power, climate change mitigation and radioactive waste. Public Understanding of Science, 27(1), 89-103

Downloads

Published

2025-10-03

How to Cite

Mahmudah, R. S. N., Khasanah, R. A. N., Sari, M., Perdana, R., Hidayah, A. S. N., Fikri, M. R. H., … Musthofa, M. A. (2025). Memberdayakan Masa Depan Berkelanjutan: Penyuluhan Kesadaran Tenaga Nuklir untuk Pendidik MA Miftahunnajah. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 9(2), 80–88. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.83153