Upaya Mengembangkan Kemampuan Guru SD Mata Pelajaran IPA untuk Mendesain Pembelajaran Berbasis Inkuiri melalui Kegiatan Lokakarya
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.78616Abstract
SD IT Salman Al Farisi 1 dan 2 merupakan sekolah swasta yang ada di Kota Yogyakarta. Guru-guru IPA di SD tersebut dari hasil analisis situasi memiliki keaktifan yang tinggi dalam setiap kegiatan. Pembinaan untuk guru-guru di SD ini telah secara rutin melakukan kegiatan baik dengan mendatangkan narasumber
maupun diskusi kolaboratif antar guru. Meskipun banyak kegiatan yang telah dilakukan dalam pengembangan kemampuan guru di SD IT Salman 1 dan 2, namun masih terdapat beberapa masalah yang menjadi kesulitan guru. Analisis situasi pada khalayak sasaran yang dilakukan melalui wawancaradengan kepala sekolah SD IT Salman 1 dan 2 masih ada mengalami kesulitan dalam merencanakan pembelajaran dan evaluasi/asesmen, melaksanakan pembelajaram dan penilaiannya khususnya pembelajaran yang mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains. Oleh karena itu, tujuan pengabdian ini yaitu melakukan pelatihan penyusunan design pembelajaran berbasis Inquiry. Luaran yang ditargetkan yaitu surat Kerjasama dengan mitra, artikel ilmiah dan HKI
References
. Awang, Imanuel Sairo. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi,6(2), 108-122).
. Hisbullah dan Selvi Nurhayati. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar: Aksara Timur
. Manalu, R., Meter, G., & Negara, G.A.O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Ipa Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1).
. Mentari, Renawati. (2017). Studi Deskriptif Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran IPA Materi Gaya dan Pesawat Sederhana Kelas 5 Mi Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo: Semarang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dita Puji Puji Rahayu, Asri Widowati, Ekosari Roektiningroem, winarto winarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.