Upaya Mengembangkan Kemampuan Guru SD Mata Pelajaran IPA untuk Mendesain Pembelajaran Berbasis Inkuiri melalui Kegiatan Lokakarya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.78616

Abstract

SD IT Salman Al Farisi 1 dan 2 merupakan sekolah swasta yang ada di Kota Yogyakarta. Guru-guru IPA di SD tersebut dari hasil analisis situasi memiliki keaktifan yang tinggi dalam setiap kegiatan. Pembinaan untuk guru-guru di SD ini telah secara rutin melakukan kegiatan baik dengan mendatangkan narasumber
maupun diskusi kolaboratif antar guru. Meskipun banyak kegiatan yang telah dilakukan dalam pengembangan kemampuan guru di SD IT Salman 1 dan 2, namun masih terdapat beberapa masalah yang menjadi kesulitan guru. Analisis situasi pada khalayak sasaran yang dilakukan melalui wawancaradengan kepala sekolah SD IT Salman 1 dan 2 masih ada mengalami kesulitan dalam merencanakan pembelajaran dan evaluasi/asesmen, melaksanakan pembelajaram dan penilaiannya khususnya pembelajaran yang mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains. Oleh karena itu, tujuan pengabdian ini yaitu melakukan pelatihan penyusunan design pembelajaran berbasis Inquiry. Luaran yang ditargetkan yaitu surat Kerjasama dengan mitra, artikel ilmiah dan HKI

Author Biography

Dita Puji Puji Rahayu, (Scopus ID: 57220404535) Universitas Negeri Yogyakarta

Scopus ID: 57220404535

References

. Awang, Imanuel Sairo. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi,6(2), 108-122).

. Hisbullah dan Selvi Nurhayati. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar: Aksara Timur

. Manalu, R., Meter, G., & Negara, G.A.O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Ipa Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1).

. Mentari, Renawati. (2017). Studi Deskriptif Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran IPA Materi Gaya dan Pesawat Sederhana Kelas 5 Mi Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo: Semarang

Downloads

Published

2025-10-03

How to Cite

Puji Rahayu, D. P., Widowati, A., Roektiningroem, E., & Winarto. (2025). Upaya Mengembangkan Kemampuan Guru SD Mata Pelajaran IPA untuk Mendesain Pembelajaran Berbasis Inkuiri melalui Kegiatan Lokakarya. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 9(2), 126–131. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.78616