Workshop Pengembangan Online Diagnostic Assessments Mata Pelajaran IPA untuk Mengukur Kesiapan Pembelajaran Siswa pada Implemetasi Kurikulum Merdeka bagi Guru IPA di Sleman

Authors

  • Didik Setyawarno (Scopus ID: 57209774758), Department of Science Education, Universitas Negeri Yogyakarta https://orcid.org/0000-0002-9918-2486
  • Eko Widodo Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dadan Rosana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Maryati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Widowati Pusporini Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.77696

Keywords:

Workshop Guru IPA, Online Diagnostic Assessment, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan dari program pengambdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk mengembangkan kompetensi Guru IPA di Sleman dalam mengembangkan online diagnostic assessment (ODA)  mata pelajaran IPA untuk mengukur kesiapan pembelajaran siswa pada implemetasi kurikulum merdeka. Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah kegiatan pelatihan yang ditujukan bagi guru- guru di tingkat SMP di Sleman. Kegiatan pelatihan meliputi penyampaian materi yang meliputi konsep dasar penilaian dalam kurikulum merdeka, asesmen diganosis, dan penugasan terstuktur. Pelaksanaan kegiatan ini direncanakan di salah satu SMP di Sleman yang dikolaborasikan dengan MGMP Guru IPA, sehingga memudahkan akses bagi semua guru yang akan mengikuti pelatihan ini. Kegiatan PkM dilaksanakan dengan cara tutorial (Tatap Muka), workshop, penugasan terstruktur, dan konsultasi dengan rincian. Hasil kegiatan diharapkan Guru IPA di Sleman memiliki pemahaman tentang konsep penilaian berdasarkan Kurikulum merdeka, mampu mengembangkan instrumen asesmen diagnosis berbasis online yang berorientasi kesiapan pembelajaran IPA.Selain itu, hasil Pk Mini menjadi bahan publikasi artikel ilmiah pada Jurnal Program Pengabdian kepada Masyarakat.

Author Biography

Didik Setyawarno, (Scopus ID: 57209774758), Department of Science Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Sinta ID: 5992715

Scopus ID: 57209774758

References

Asesmen, P., & Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan, K. (2021). Panduan pembelajaran dan asesmen jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA).

Barbieri, G., Sanchez-Londoño, D., Cattaneo, L., Fumagalli, L., & Romero, D. (2020). A case study for problem-based learning education in fault diagnosis assessment. IFAC-PapersOnLine, 53(3), 107-112.

Black, P. J. (1993). Formative and summative assessment by teachers.

Elzainy, A., El Sadik, A., & Al Abdulmonem, W. (2020). Experience of e-learning and online assessment during the COVID-19 pandemic at the College of Medicine, Qassim University. Journal of Taibah University Medical Sciences, 15(6), 456-462.

Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi COVID-19 Di SMP/MTs Wilayah Menganti, Gresik. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 165-170.

Ishaq, K., Rana, A. M. K., & Zin, N. A. M. (2020). Exploring Summative Assessment and Effects: Primary to Higher Education. Bulletin of Education and Research, 42(3), 23-50.

Leighton, J., & Gierl, M. (2007). Cognitive diagnostic assessment for education: Theory and applications. Cambridge University Press.

Musyahadah, R. R. (2022). Metode AHE untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik di Lembaga Bimbingan Belajar" Rumah Berkah" Semanding Kauman Ponorogo IAIN Ponorogo].

Downloads

Published

2025-10-03

How to Cite

Setyawarno, D., Widodo, E., Rosana, D., Maryati, & Pusporini, W. (2025). Workshop Pengembangan Online Diagnostic Assessments Mata Pelajaran IPA untuk Mengukur Kesiapan Pembelajaran Siswa pada Implemetasi Kurikulum Merdeka bagi Guru IPA di Sleman. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 9(2), 118–125. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v9i2.77696