WORKSHOP PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI KERJA LABORATORIUM UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK BAGI GURU IPA SMP DI SLEMAN-YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v8i2.71192Keywords:
Workshop Guru IPA, Instrumen Evaluasi, Kerja LaboratoriumAbstract
Sains sangat berkaiatan erat dengan keterampilan proses. Pergantian kurikulum di Indonesia dalam dekade terakhir telah memunculkan banyak cara untuk mengajarkan tugas maupun proyek peserta didik dalam bentuk eksperimen IPA. Kerja laboratorium sangat penting dalam pembelajaran IPA. Implemntasi kurikulum merdeka untuk pembelajaran IPA berbasis kerja laboratorium sangat ditentukan oleh pemahaman guru tentang kerja laboratorium itu sendiri. Kualitas guru dapat menentukan bagaimana pembelajaran akan berlangsung dan bagaimana tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah kegiatan pelatihan yang ditujukan bagi guru- guru IPA tingkat SMP di Sleman-Yogyakarta. Kegiatan pelatihan meliputi penyampaian materi yang meliputi konsep dasar penilaian dalam kurikulum merdeka, instrumen evaluasi kerja laboratorium, dan keterampilan proses sains. Kegiatan pelatihan ini diperuntuk bagi guru-guru IPA di Sleman-Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan ini direncanakan di salah satu SMP di Sleman-Yogyakarta yang dikolaborasikan dengan kegiatan MGMP atau pertemuan guru IPA secara rutin, sehingga memudahkan akses bagi semua guru yang akan mengikuti pelatihan ini. Kegiatan PPM dilaksanakan dengan cara tutorial (Tatap Muka), workshop, penugasan terstruktur, dan konsultasi. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru IPA SMP di Kabupaten Sleman, Yogyakarta dalam mengembangkan instrument kerja laboratorium yang bisa diterapkan dalam pembelajaran IPA sehingga mampu meningkatkan kemampuan peserta didik pada aspek keterampilan proses sains.
References
Carin, A. A., & Sund, R. B. (1989). Teaching Science Through Discovery. The University of Virginia: Merrill.
Chiappetta, E. L., & Koballa, T. R. (2010). Science Instruction in The Middle and Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge and Skills. United State of America: Pearson Education Inc.
Effendi, E., Rosa Sinensis, A., Widayanti, W., & Firdaus, T. (2021). Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda pada Mata Kuliah Optika. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(1), 21–26. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i1.1000
Engel, M., Jacob, B. A., & Curran, F. C. (2014). New Evidence on Teacher Labor Supply. American Educational Research Journal, 51(1), 36–72. https://doi.org/10.3102/0002831213503031
Gericke, N., Hí¶gstrí¶m, P., & Wallin, J. (2022). A systematic review of research on laboratory work in secondary school. Studies in Science Education, 1–41. https://doi.org/10.1080/03057267.2022.2090125
Hofstein, A., & Lunetta, V. N. (1982). The Role of the Laboratory in Science Teaching: Neglected Aspects of Research. Review of Educational Research, 52(2), 201–217. https://doi.org/10.3102/00346543052002201
Hunaepi, H., Susantini, E., Firdaus, L., Samsuri, T., & Raharjo, R. (2020). Analysis of Student Science Process Skills Through Ecological Practicums. Edusains, 12(1), 98–105. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13869
Isnawati. (2014). Profil keterampilan proses sains terpadu siswa SMP Negeri 6 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(2), 87–97.
Kebudayaan, K. P. dan. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mammadova, S. (2019). Teacher quality vs. Teaching quality. Azerbaijan Journal of Educational Studies, 686(686), 25–32. https://doi.org/10.29228/edu.39
Masitah. (2022). Meningkatkan Kualitas Guru dalam Mengajar Melalui Metode Training Pembelajaran Di SDN 3 Mendawai Tahun Pelajaran 2020/2021. Juristek, 8(2).
Mutmainnah, S. N., Padmawati, K., & Puspitasari, N. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains ( Kps ) Mahasiswa Pendidikan Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Profile of Science Process Skills in Biology Education ( Case Study At a University in Surakarta ). Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3, 49–56. https://doi.org/10.32502/dikbio.v3i1.1687
í–zgelen, S. (2012). Students' science process skills within a cognitive domain framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 8(4), 283–292. https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.846a
Putri, D. T., Setiono, S., & Ramdhan, B. (2021). Profil Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran 9E Learning Cyccle at Home Melalui Pembelajaran Daring. Biodik, 7(3), 164–175. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13718
Roth, W.-M., & Roychoudhury, A. (1993). The development of science process skills in authentic contexts. J. Res. Sci. Teach, 30, 127–152. https://doi.org/10.1002/tea.3660300203
Sifah, L., & Sumarno. (2016). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Negeri Se-kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional, 371–384.
Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., ... Mahardhika, R. L. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Vázquez-Villegas, P., Mejía-Manzano, L. A., Sánchez-Rangel, J. C., & Membrillo-Hernández, J. (2023). Scientific Method's Application Contexts for the Development and Evaluation of Research Skills in Higher-Education Learners. Education Sciences, 13(1), 62. https://doi.org/10.3390/educsci13010062
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.