Pelatihan Pengembangan Video Pembelajaran dan Kuis Interaktif Berbantuan Software Lumi
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v8i1.67758Keywords:
Video Pembelajaran, Kuis, Interaktif, LumiAbstract
Pemerintah perlu terus mengoptimalkan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama pandemi Covid-19, terutama dalam konteks pendidikan. Penting untuk mendorong penggunaan konten pembelajaran daring atau model hybrid/blended guna memaksimalkan fasilitas TIK sebagai sumber belajar. Saat ini, sebagian besar video pembelajaran masih kurang interaktif karena cenderung hanya menyampaikan materi tanpa memberikan interaksi siswa.
Perkembangan kuis untuk materi matematika juga menghadapi tantangan, terutama terkait kurangnya dukungan dari perangkat lunak yang memadai. Software bantu seperti Lumi menawarkan solusi dengan kemampuannya menghasilkan konten pembelajaran yang dapat diakses secara online maupun offline. Lumi juga memudahkan guru dalam pengembangan konten pembelajaran tanpa memerlukan kemampuan pemrograman tinggi.
Pelatihan pengembangan video pembelajaran dan kuis interaktif dengan bantuan Lumi diharapkan dapat membuka wawasan guru terhadap potensi dan kemudahan penggunaan software ini. Penggunaan Lumi dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan memungkinkan mereka melakukan aktivitas atau interaksi saat menonton video pembelajaran. Kuis yang lebih menarik dan interaktif juga dapat meningkatkan perhatian siswa serta memberikan hasil evaluasi pembelajaran yang lebih bermakna.
Kemampuan guru dalam mengembangkan konten pembelajaran dengan Lumi dapat menjadi tambahan berharga dalam kumpulan software bantu pengembangan. Video dan kuis interaktif yang dihasilkan dapat menjadi pengaya dalam pembelajaran offline, online, maupun model blended. Pelatihan ini bertujuan memberi wawasan tambahan kepada guru matematika tentang potensi penggunaan Lumi dalam pengembangan media pembelajaran, dengan fokus pada pembuatan video dan kuis interaktif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.