Workshop Pengembangan Diagnostic Assessment Untuk Mengukur Kesiapan Peserta Didik SMP Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Programme For International Student Assessment (PISA) Bagi Guru IPA SMP di Sleman-Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v7i2.65016Keywords:
Diagnostic Assessment, PISA, AKMAbstract
Adanya PISA (The Programme for International Student Assessment ) dan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) mendorong terlaksananya pembelajaran dan sistem asesmen inovatif yang berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu kemampuan bernalar dan bukan berfokus pada hafalan. Kegiatan yang telah dilaksanakan adalah kegiatan pelatihan secara luring di SMPN 4 Pakem Yogyakarta dan daring dengan zoom meeting ditujukan bagi guru- guru IPA tingkat SMP di Kabupaten Sleman Yogyakarta yang diikuti secara luring 30 guru IPA dan daring 41 guru IPA. Kegiatan PPM dilaksanakan dengan model workshop, penugasan terstruktur, dan konsultasi dengan rincian sebagai berikut. Tutorial dan workshop yaitu penyampaian materi 1 adalah sistem penilaian berdasarkan kurikulum 2013 dan konsep dasar penilaian IPA model PISA dan AKM serta kemampuan literasi sains. Tugas Terstruktur yaitu penyusunan model penilaian hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 model AKM dan PISA untuk mengukur kemampuan literasi sains. Konsultasi tugas yaitu konsultasi dilakukan via email/HP, khususnya bagi peserta pelatihan yang mengalami kesulitan dalam menyelesaian tugas terstruktur. Hasil kegiatan ini telah dievaluasi berdasarkan masukkan dari guru IPA SMP dapat meningkatkan kemampuan kualitas penilaian peserta didik sehingga dapat menerapkan penilaian IPA model PISA untuk mengukur kemampuan literasi sainsReferences
Asrijanty, A. (2020a). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Kemdikbud.
Asrijanty, A. (2020b). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
Bybee, R., McCrae, B., & Laurie, R. (2009). PISA 2006: An assessment of scientific literacy. Journal of Research in Science Teaching, 46(8), 865–883. https://doi.org/10.1002/tea.20333
Firmanzah, D. (2021). Implementasi asesmen diagnostik dalam pembelajaran IPA Pada masa pandemi COVID-19 di SMP/MTs wilayah Menganti, Gresik. PENSA E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 165–171.
Leighton, J. P., & Gierl, M. J. (2007). Cognitive Diagnostic Assessment for Education Theory and Applications. Cambridge University Press.
Millar, R., & Hames, V. (2003). Using Diagnostic Assessment to Enhance Teaching and Learning A Study of the Impact of Research-informed Teaching Materials on Science Teachers' Practices.
Min, S., & He, L. (2022). Developing individualized feedback for listening assessment: Combining standard setting and cognitive diagnostic assessment approaches. Language Testing, 39(1), 90–116. https://doi.org/10.1177/0265532221995475
Nehru, Nio Awandha. 2019. "Asesmen Komptenesi Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional Pendidikan Indonesia: Analisis Dampak Dan Problem Solving Menurut Kebijakan Merdeka Belajar." Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
OECD. (2012). PISA 2012 assessment framework"”Key competencies in reading, mathematics and science. OECD.
OECD. (2015). Reviews of National Policies for Education in Indonesia.
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidita, 33(1), 52–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Rosana, D. (2015). Evaluasi pembelajaran sains (1st ed., Vol. 1). UNY Press.
Russell, M. K., & Airasian, P. W. (2012). Classroom Assessment Concepts an Applications (7th ed.). Mc Graw Hill.
Sekyi, E. T. A. (2016). Assessment, Student Learning and Classroom Practice: A Review. Journal of Education and Practice, 7(21), 1–6. https://doi.org/10.7176/JEP
Setyawarno, D., Rosana, D., & Widodo, E. (2018). Kompetensi Guru IPASMPdi Kecamatan Mlati dalam Mengerjakan Soal IPAModel PISA. Pancasakti Science Education Journa, 3(2), 91–98. https://doi.org/doi.org/10.24905/psej.v3i2.105
Sun, Y., & Suzuki, M. (2013). Diagnostic Assessment for Improving Teaching Practice. International Journal of Information and Education Technology, 3(6), 607–611. https://doi.org/10.7763/IJIET.2013.V3.345
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.