Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7

Authors

  • Runisah Runisah Universitas Wiralodra
  • Nandang Nandang Universitas Wiralodra
  • Denni Ismunandar Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.48479

Keywords:

Tangram, Pendampingan, Pengetahuan.

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 hampir seluruh siswa pada tingkat sekolah dasar melaksanakan pembelajaran secara online. Hal ini berdampak pada pengetahuan siswa sekolah dasar tingkat rendah pada materi tertentu. Tujuan pengabdian ini adalah memperkuat pemahaman siswa pada materi bangun datar melalui pendampingan belajar siswa sekolah dasar pada kelas 2 dan 3. Partisipan pada pendampingan ini dibatasi hanya 5 peserta. Hal ini dilakukan karena mematuhi peraturan pemerintah untuk menghindari kerumunan. Pengambilan partisipan dilakukan dengan memilih siswa di sekitar  rumah salah satu tim pengabdian. Metode yang digunakan pada saat pendampingan adalah ceramah, diskusi dan praktek. Media tangram digunakan untuk membantu siswa memahami materi bangun datar. Bangun datar yang terdiri dari bangun segitiga dan segi empat yang dapat disusun dalam beberapa bentuk membuat siswa tertarik untuk mengutak – atik bentuk lainnya dari bangun datar tersebut. Hasil pengabdian ini adalah adanya peningkatan pengetahuan siswa pada materi bangun datar. Selain itu siswa merasa senang dengan adanya kegiatan pendampingan belajar ini karena siswa dapat menyusun bentuk – bentuk hewan dari bangun datar.

Kata kunci: Tangram, Pendampingan, Pengetahuan.

Author Biography

Runisah Runisah, Universitas Wiralodra

 

 

References

Astuti, E. R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Media Tangram pada Siswa Kelas II SD Negeri Kemiri Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(4), 602–616.

Irawan, J. N. R., Priyatama, A. N., & Fitriani, A. (2020). Permainan Tangram Terhadap Berfikir Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Intervensi Psikologi, 12(1), 37–50.

Ismunandar, D., Primadewi, A., & Amalia, S. R. (2021). Student Perceptions of Online Learning : Student Opinions and Expectations. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 238–251.

Mahmudi, A., Jailani, Setyaningrum, W., Tuharto, Yuli, F., & Fauzan, M. (2018). Pengembangan Pelatihan Media Pembelajaran Matematika Berdasarkan Matematika Realistik untuk Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kabupaten Sleman dan Bantul. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 2(1), 15–19.

Mufti, N. N., Pranata, O. H., & Wahid M, M. R. (2020). Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD), 5(2), 93–99. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/3566/2678

Nugrahani, R. (2019). Pengaruh bermain kreatif tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Seling : Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 30–38.

Prihantini, R., Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 85. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v5i2.1734

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Media Tangram. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2), 131–136.

Saputri, S. A., Prihartini, E., & Lestari, P. (2016). Penggunaan Tangram pada Materi Pecahan dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX, 72–78.

Sarah, sarah, & Lathifaturrahmah, L. (2015). Penggunaan Media Tangram Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Kesebangunan Di Kelas Ix Mts Siti Mariam Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81–102. https://doi.org/10.18592/jpm.v3i1.1183

Sosriyati, S., Sarassanti, Y., & Mutazam, M. (2021). Berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah luas bangun datar menggunakan tangram. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 1–17.

Sulistiyah, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Menggunakan Media Benda Konkret Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1–3.

Syutaridho, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bangun Datar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 41–56. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3892

Tian, X. (2012). The art and mathematics of Tangrams. Bridges, 553–556.

Wijaya, A. (2011). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Runisah, R., Nandang, N., & Ismunandar, D. (2022). Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 6(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.48479