Pelatihan Penggunaan SPSS untuk Menganalisis Instrumen Tes dan Data Hasil Penelitian Bagi Guru dan Calon Guru Matematika
Keywords:
Pelatihan, SPSS, Instrumen TesAbstract
Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru dan calon guru matematika dalam menganalisis instrumen tes dan data hasil penelitian menggunakan SPSS. Metode yang digunakan berupa pelatihan atau workshop dengan memberikan materi dan praktek. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini ada guru dan calon guru matematika di Kota Pagaralam dengan jumlah peserta sebanyak 33 orang. Hasil dari kegiatan PkM ini ditunjukkan dengan: 1) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru dan calon guru matematika dalam menganalisis instrumen tes menggunakan SPSS; 2) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru dan calon guru matematika dalam menganalisis data hasil penelitian menggunakan SPSS. Dengan adanya kegiatan ini guru dan calon guru matematika merasakan bahwa pentingnya mempunyai keterampilan dalam menggunakan SPSS yang memudahkan dalam pengolahan data.
References
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.
Ismail, R. & Safitri, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Analisa dan Interprestasi Data Mahasiswa Melalui Pelatihan Program SPSS. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(2), 148-155.
Kemendikbud. (2014). Modul Pembelajaran SPSS (Statistical Package for The Social Sciences). Jakarta: Kemendikbud.
Sa'idah, N., Yulistianti, H.D., & Megawati, E. (2019). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 41-54.
Supandi & Farikhah, L. (2016). Analisis Butir Soal Matematika pada Instrumen Uji Coba Materi Segitiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JITMat), 1(1), 71-78.
Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reliabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran matematika. AL-jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203-217.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.