Pembelajaran Berbasis ICT: Pelatihan Penggunaan Software GeoGebra Sebagai Strategi Efektif Peningkatan Profesionalitas Guru
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37500Keywords:
pembelajaran berbasis ICT, GeogebraAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran matematika berbasis ICT dengan mengenalkan dan menggunakan software Geogebra sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan profesionalitas guru. Kegiatan pengabdian ini bersifat pelatihan dan pendampingan dalam menggunakan software Geogebra. Metode yang digunakan adalah pemberian materi dan diskusi tentang software Geogebra dan cara menggunakannya, kemudian dilanjutkan dengan latihan/praktek penggunaan software tersebut dan diakhiri dengan presentasi hasil karya para guru berupa media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil evaluasi dan diskusi dengan para peserta diketahui bahwa para guru senang dengan adanya pelatihan penggunaan software Geogebra tersebut, karena membantu mereka dalam menyampaikan materi geometri yang pada umumnya merupakan materi yang sulit bagi siswa. Menurut mereka, penggunaan software ini dapat mengakomodir siswa yang tidak mempunyai kemampuan spatial thinking yang bagus, sehingga materi yang disampaikan dapat diterima oleh seluruh siswa.
Kata kunci: pembelajaran berbasis ICT, Geogebra
References
Bird, J. (2002). Matematika Dasar Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga
Edward, J.A & Jones, K. (2006). Linking Geometry and Algebra with GeoGebra. Mathematics Teaching, Incorporating MicroMath 194. Hal. 28-30
Fazar, I. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Palembang
Iswadji, Djoko. (2001). Geometri Ruang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Juruasan Pendidikan matematika
Moeharti. (1986). Sistem-Sistem Geometri. Jakarta: Karunia Universitas Terbuka
Preiner, J. (2008). Introducing Dynamic Mathematics Software to Mathematics Teachers: the Case of GeoGebra. Disertasi. Mathematics Education, Faculty of Natural Science, University of Salzburg
Sipos, E.R. (2011). Teaching Geometry. Disertasi. Bolyai Institute, University of Szeged. http://www.math.u-szeged.hu/phd/dreposit/phdtheses/ripco-sipos-elvira_a2.pdf.
Zimmermann, W & Cunningham, S. (1991). Editors' Introduction: What is Mathematical Visualization?. Dalam Zimmermann, W dan Cunningham, S. Visualization in Teaching and Learning Mathematics. Hal. 1-8. Washington DC: Mathematical Association of America
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.