Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes dan Analisisnya Secara Modern Bagi Guru-Guru IPA SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37499Keywords:
pelatihan, pendampingan, penyusunan soal, guru SMPAbstract
Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini berupa pelatihan penyusunan instrumen tes bagi guru SMP mata pelajaran IPA terpilih yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada guru tentang: 1) penyusunan soal berbasis High Order Thinking Skills, 2) penyusunan rancangan penilaian untuk kurikulum 2013, 3) penyusunan instrumen soal, dan 4) penganalisisan butir soal secara modern (Item Response Theory). Kegiatan PPM ini dilaksanakan dengan metode pelatihan, dilanjutkan dengan penugasan, dan pendampingan di sekolah. Kegiatan yang dilakukan terdiri atas pelatihan penyusunan rancangan penilaian dan kisi-kisi soal berbasis HOTS, pelatihan penyusunan penilaian K-13, praktik penyusunan soal, dan pelatihan analisis butir soal dengan menggunakan software ITEMAN dan Bilog MG. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah guru Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 30 orang. Hasil dari kegiatan PPM ini yakni: 1) memberikan pemahaman kepada guru IPA tentang prinsip-prinsip penyusunan instrumen tes yang baik, 2) memberikan pemahaman dan pengalaman kepada guru IPA dalam menyusun konstruk instrumen tes yang baik, 3) memberikan pemahaman dan pengalaman kepada guru dalam melakukan analisis butir soal secara IRT, dan 4) memberikan pemahaman dan pengalaman kepada guru dalam menganalisis kemampuan peserta tes dengan pendekatan IRT.
Kata Kunci: pelatihan, pendampingan, penyusunan soal, guru SMP
References
Anderson, L. W. (2003). Classroom assessment: Enhacing the quality of teacher decision making.
Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, H. J. (1991). Fundamental of item response theory. Newbury Park, CA: Sage Publication. New Inc.
Kurikulum, P. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar SMP/MTs. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.
Reynolds, C.R., Livingston, R.B., & Willson, V. (2010). Measurement and assessment in education. New Jersey: Pearson Education International.
Kemdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 66 Tahun 2013, tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.