Pelatihan Analisis Statistik Untuk Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kediri

Authors

  • A'yunin Sofro Jurusan Matematika, Universitas Negeri Surabaya http://orcid.org/0000-0003-2603-4092
  • Affiati Oktaviarina Jurusan Matematika, Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Juniati Jurusan Matematika, Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Budayasa Jurusan Matematika, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21580

Keywords:

statistics analysis, scientific paper, teacher, profesionalism

Abstract

Menulis suatu karya ilmiah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru. Akan tetapi, bagi seorang guru menulis adalah pekerjaan yang tidak mudah. Salah satu kendalanya adalah minimnya kemampuan guru untuk menganalisis data pada karya tulis ilmiah tersebut. Keadaan yang serupa terdapat pada perhimpunan guru dibidang matematika di Kediri. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah mengadakan suatu pelatihan terkait analisis data dalam suatu karya tulis ilmiah. Dalam kegiatan pelatihan telah dilakukan sesi pemaparan materi baik secara teori maupun aplikasi pada software. Anggota yang hadir sebanyak 33 orang. Pada akhir kegiatan, telah dibentuk kelompok kecil yang terdiri dari 3 sampai dengan 4 peserta untuk menyelesaikan soal secara komprehensif. Hasil dari pelatihan ini akan dievaluasi baik dari sisi output maupun proses. Untuk kriteria output, yaitu ketuntasan pemahaman seluruh kelompok telah terpenuhi dimana lebih dari 75 persen tuntas. Artinya dari seluruh anggota peserta dalam kelompok, hanya sekira 25 % mendapatkan nilai 75 dari 100  dan sisanya mendapatkan nilai sempurna. Selain itu, ketuntasan pemahaman materi oleh setiap kelompok telah berhasil mencapai target yaitu diatas 75 persen ketuntasan. Hal ini dikarenakan ada 6 kelompok mendapatkan nilai sempurna (100) dan hanya 2 kelompok melakukan kesalahan minor dan hasil evaluasinya adalah 75. Sedangkan segi proses, respon yang diberikan oleh seluruh peserta juga sangat positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan telah berhasil sesuai dengan kriteria sisi output dan proses.

References

. Schaffhauser, D., 2016, OECD : Teacher professionalism needs improvement worldwide, The Journal

. Creasy, K.L., 2015, Defining Professionalism in Teacher Education Programs, Journal of Education and Social Policy, Vol 2 No 2, pp 23-25

. Setyarsih W., Dwiningsih, K dan Tukiran, 2017, Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SMAN Di Kabupaten/Kota Gresik, Jurnal Abdi, Vol 3 No 1, pp 22-31.

. Maclellan, 2016, Why don't teachers use education research in teaching, Education in Chemistry.

. Sumardjoko, B., 2018, Teachers's Poor professionalism of writing a scientific paper at Muhammadiyah Senior High School in Central Java, Intenational Journal of Pedagogy and Teacher Education, Vol 2, no 1, pp 267-277

. Widodo, E., Rosana, D dan Setyawarno, D, 2018, Pemanfaatan Buku Ajar Statistik Terapan dan Aplikasi SPP untuk Meningkatkan Kompetensi Meneliti bagi Guru IPA Tingkat SMP di Sleman, Yogjakarta, Jurnal Pengabdian Masyarakate MIPA dan Pendidikan MIPA, Vol 2 No 1, pp 33-37

Downloads

Published

2019-04-24

How to Cite

Sofro, A., Oktaviarina, A., Juniati, D., & Budayasa, I. K. (2019). Pelatihan Analisis Statistik Untuk Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 3(1), 38–42. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21580