Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika dan IPA bagi Guru SD dan SMP di Desa Tanjung Saleh

Authors

  • syarifah fadillah IKIP PGRI Pontianak
  • Wahyudi Wahyudi IKIP PGRI Pontianak
  • Nurhayati Nurhayati IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21460

Keywords:

PKM, Alat Peraga, Buku Panduan

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk melatih guru matematika dan IPA SD dan SMP di sekolah mitra untuk membuat media pembelajaran berupa alat peraga sederhana dan menggunakannya dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis scientific approach. Kegiatan pengabdian ini berbentuk pelatihan, simulasi, dan ujicoba alat peraga matematika dan IPA SD dan SMP. Langkah-langkah teknis dalam kegiatan ini adalah : pembuatan alat peraga beserta buku panduan penggunaannya tim PKM, pelatihan pembuatan alat peraga,  simulasi dan ujicoba penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika dan IPA SD dan SMP. Hasil dari PKM ini adalah : 1) peserta dapat membuat alat peraga sederhana, 2) peserta dapat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dan IPA di kelas, dan 3) siswa senang belajar menggunakan alat peraga dan meningkatkan pemahaman siswa dalam pelajaran matematika dan IPA.

Author Biographies

syarifah fadillah, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika

Wahyudi Wahyudi, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Fisika

Nurhayati Nurhayati, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Fisika

References

. Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. New York: Basic Books B.

. Djahir, et all. (2017). Alat Peraga dalam Geometri Ruang (Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017, Mata Pelajaran/ Paket Keahlian Matematika). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

. Anggoro, S. (2014). Analisis Perbandingan Sikap Belajar dan Penguasaan Konsep IPA menggunakan Strategi Joyful Learning di Kelas IV SD Kota Bandung. Thesis Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Tidak dipublikasikan.

. Sudarisman, S. (2011). Pembelajaran Sains Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Hands On Activities Based On Daily Life untuk Anak. Prosiding Seminar Internasional ke-3 dan Workshop Pedagogik Praktis yang Berkualitas (p. 320-335. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

. Sukayati dan Suharjana, A. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

. Widyantini, T.H dan Sigit, T.G. (2010). Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

. Mohammad Amin, dkk. (2013). Bahan Pelatihan Pengelola Laboratorium Sekolah Menengah Pertama. Modul. Jakarta: Kemendikbud

Downloads

Published

2019-04-24

How to Cite

fadillah, syarifah, Wahyudi, W., & Nurhayati, N. (2019). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika dan IPA bagi Guru SD dan SMP di Desa Tanjung Saleh. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 3(1), 43–47. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21460