Pelatihan Penggunaan Kit Listrik Magnet SEQIP Bagi Guru-Guru IPA SD di Kabupaten Bantul
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i1.18723Keywords:
pelatihan, penggunaan, Kit Listrik Magnet SEQIPAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: 1) meningkatkan pengetahuan guru IPA SD tentang materi kelistrikan dan kemagnetan yang terkait dengan Kit Listrik dan Magnet SEQIP, 2) meningkatkan keterampilan guru IPA SD dalam menggunakan Kit Listrik Magnet SEQIP, dan 3) meningkatkan minat guru IPA SD untuk menggunakan alat peraga ( Kit IPA) dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan tentang penggunaan Kit Listrik dan Magnet SEQIP. Subjek pengabdian adalah guru-guru IPA SD di Kecamatan Manding Kabupaten Bantul. Pelatihan dilakukan dengan memberikan penjelasan percobaan-percobaan yang terkait dengan Kit Listrik dan Magnet dan praktik menggunakan kit untuk melakukan percobaan sederhana. Materi percobaan meliputi: rangkaian listrik sederhana, rangkaian resistor seri, rangkaian resistor parallel, motor listrik, dan dinamo. Data peningkatan penguasaan materi listrik magnet diukur dengan tes. Data keterampilan guru menggunakan kit diukur pada saat peserta pelatihan melakukan kegiatan praktik menggunakan alat percobaan. Data minat guru IPA untuk menggunakan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran diukur dengan angket. Evaluasi kegiatan pengabdian dilakukan dengan meminta saran dan masukan secara langsung dari perserta pelatihan di akhir kegiatan dengan angket.
Hasil kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Penguasaan materi listrik magnet peserta pelatihan mengalami peningkatan setelah mengikuti pelatihan, 2) Keterampilan guru dalam menggunakan kit listrik magnet SEQIP mengalami peningkatan, dan 3) Minat guru IPA SD untuk menggunakan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan.
References
NN. 2001. Informasi SEQIP. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Pelajaran IPA.
NN. 2002. Pengembangan Silabus Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Mohammad Amin, dkk. 2013. Bahan Pelatihan Pengelola Laboratorium Sekolah Menengah Pertama. Modul. Jakarta: Kemendikbud.
Bourden, Paul R. 1998. Method for Effective Teaching 2nd. Allyn and Bacon, Boston.
Heinich, Robert. 1989. Instruction Media and The New Technologies Instruction, Third Eddition. Macmillan Publishing Company, New York.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.