Pemberdayaan Kader Posyandu Balita Melalui Model Three Level Marketing Deteksi Dini Kelainan Tumbuh Kembang Anak
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i1.18722Keywords:
kader posyandu balita, model three level marketing, deteksi dini, kelainan tumbuh kembang anakAbstract
Kegiatan PPM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada kader posyandu balita dalam melakukan deteksi dini kelainan tumbuh kembang anak, untuk membantu mengembangkan keterampilan kader posyandu balita dalam melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak, untuk menambah wawasan kader posyandu balita dalam hal kemampuan dasar untuk pencegahan dan penanggulangan kelainan tumbuh kembang anak. Pelaksanaan kegiatan PPM ini dengan ceramah tentang pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis anak, tata gizi anak serta penanggulangan kelainan tumbuh kembang anak, praktek deteksi dini, evaluasi pelaksanaan PPM untuk peserta (test dan non test). Kegiatan ini diikuti 27 kader posyandu balita yaitu 135 % dari target yang ditetapkan yaitu 20 orang. Hasil kegiatan PPM menunjukkan adanya peningkatan penguasaan materi para peserta PPM sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan tersebut, serta kemanfaatan PPM dinilai oleh peserta dengan instrument kepuasan pelanggan dari LPPM UNY menunjukan bahwa PPM ini sangat bermanfaat bagi para peserta.
References
Yuliati. 2008. Workshop Pengembangan Strategi dan Bahan Ajar Kesehatan Reproduksi Remaja Berbantuan Komputer Bagi Guru Biologi di SMP. Laporan PPM: LPM UNY. Yogyakarta
I Dewa Nyoman Supariyasa, 2001.Penilaian Status Gizi. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
Soetjiningsih dan IG.N.Gde Ranuh. 2013. Tumbuh Kembang Anak. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.
Roy Meadow dan Simon Newel. 2002. Lecture Notes Pediatrica. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.