Sosialisasi Dan Pelatihan Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Laboratorium Bagi Guru-Guru SMA Dari Kota Samarinda Dan Tenggarong
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i1.16152Keywords:
Sosialisasi dan pelatihan K3, Guru SMA, Laboratorium, Samarinda dan TenggarongAbstract
Merujuk pada Undang-Undang No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), laboratorium sebagai sarana pendidikan mempunyai resiko sebagai tempat terjadinya gangguan pada K3. Oleh karena itu perlu adanya pengetahuan yang mendalam mengenai Manajemen K3 bagi guru-guru SMA pengelola laboratorium. Program pengabdian pada masyarakat yang berjudul sosialisasi dan pelatihan manajemen K3 laboratorium bagi 27 guru SMA kota Samarinda dan Tenggarong telah berlangsung untuk meningkatkan pengetahuan manajemen K3 di laboratorium. Program dilaksanakan dengan metode 25% teori; 75% praktek Manajemen K3, penilaian resiko, identifikasi bahaya dan penyusunan draft standard operational procedure (SOP) K3, Cardiopulmonary resuscitation (CPR), Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan bahaya psikososial bertempat di FMIPA Universitas Mulawarman. Hasil yang diperoleh (berdasarkan angket evaluasi) adalah 97% peserta menyatakan peningkatan pengetahuan tentang manajemen K3, penilaian resiko serta identifikasi bahaya, SOP K3, CPR, P3K dan adanya bahaya psikososial di lingkungan laboratorium SMA.
References
Afifah, M., and M. P. Suparman. 2017. Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bengkel Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Magelang. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan 5: 37.
Association, A. H. 2006. 2005 American Heart Association (AHA) Guidelines for Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) and Emergency Cardiovascular Care (ECC) of Pediatric and Neonatal Patients: Pediatric Basic Life Support. Pediatrics 117: e989-e1004.
Association, A. H. 2016. Fokus Utama Pembaharuan Pedoman AHA 2015 untuk CPR dan ECC. Guidlines 2015 CPR and ECC. American Heart Association, Greenville AVenue, USA.
Erawati, S. 2015. Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Kota Administrasi Jakarta Selatan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Hati, S. W. 2015. Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Pembelajaran di Laboratorium Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Batam. In: Prosiding, Seminar Ekonomi Nasional yang diselenggarakan oleh UNESA, tanggal 03 Mei 2014, Surabaya
Hidayati, N. 2012. Bullying pada anak: Analisis dan Alternatif solusi. Jurnal 14: 43-45.
Lasia, I. K. 2013. Analisis Pengetahuan Mahasiswa Tentang Dampak Penggunaan Bahan Kimia Dalam Praktikum Kimia Organik terhadap Kesehatan (Studi Menuju Pengelolaan Laboratorium Kimia yang Aman Bagi Kesehatan). In: Prosiding Seminar Nasional MIPA, Buleleng, Bali
Maryuliana, M., I. M. I. Subroto, and S. F. C. Haviana. 2016. Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. TRANSISTOR Elektro dan Informatika 1: 1-12.
Novalia, R., and S. Andayani. 2016. Dampak Bullying terhadap Kondisi Psikososial Anak Di Perkampungan Sosial Pingit, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
O'Moore, M., and S. J. Minton. 2004. Dealing with Bullying in Schools: A Training Manual for Teachers, Parents and other Professionals. SAGE Publications Ltd, California.
Priyonoadi, B. 2011. Resusitasi Kardio Pulmoner (RKP) Sebagai Salah Satu Bekal Keterampilan Profesi Guru Pendidikan Jasmani. Cakrawala Pendidikan Edisi Juni 2005 2: 1-25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.