Pelatihan Pembuatan Buku Elektronik Interaktif

Authors

  • Nur Hadi Waryanto Pendidikan Matematika FMIPA UNY
  • Bambang Sumarno Hadi Marwoto Pendidikan Matematika FMIPA UNY
  • Kuswari Hernawati Pendidikan Matematika FMIPA UNY
  • Emut Emut Pendidikan Matematika FMIPA UNY
  • Nur Insani Pendidikan Matematika FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12971

Abstract

Membaca bukanlah proses yang tunggal melainkan sintesis dari berbagai proses yang kemudian berakumulasi pada suatu perbuatan tunggal. Mmembaca pada hakikatnya adalah suatu proses yang bersifat fisik dan psikologis. Proses yang berupa fisik berupa kegiatan mengamati tulisan secara visual dan merupakan proses mekanis dalam membaca. Proses mekanis tersebut berlanjut dengan proses psikologis yang berupa kegiatan berpikir dalam mengolah informasi. Proses pskologis itu dimulai ketika indera visual mengirimkan hasil pengamatan terhadap tulisan ke pusat kesadaran melalui sistem syaraf.

Pelatihan pembuatan buku elektronik interaktif berjalan dengan baik. Peserta pelatihan antusias dalam mengikuti pelatihan dan mereka berkehendak untuk mencoba memanfaatkan program HHW (HTML Help Workshop) tersebut untuk membuat buku elektronik menjadi lebih baik dan menarik.

Motivasi peserta juga meningkat setelah mereka mengikuti pelatihan ini. Mereka mendapatkan ide-ide baru seperti fitur apa saja yang dapat menambah desain buku eletronik menjadi lebih menarik dan interaktif. Tampak pula sebagian besar peserta merasa mendapatkan manfaat pelatihan untuk mengembangkan ide-ide dalam membuat buku eletronik secara interaktif dan menarik

Kata kunci: buku eletronik, interaktif, HHW (HTML Help Workshop)

Downloads

Published

2017-02-20

How to Cite

Waryanto, N. H., Marwoto, B. S. H., Hernawati, K., Emut, E., & Insani, N. (2017). Pelatihan Pembuatan Buku Elektronik Interaktif. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12971

Issue

Section

Articles