Minat Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Pakem Dalam Mengikuti Pembelajaran Bola Voli
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi minat siswa kelas V SD Negeri Pakem dalam mengikuti pembelajaran bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pakem yang berjumlah 24 orang dan dijadikan sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dinyatakan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas V SD Negeri Pakem dalam mengikuti pembelajaran bola voli berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 16,7% (4 siswa), “rendah” sebesar 4,2% (1 siswa), “sedang” sebesar 41,6% (10 siswa), “tinggi” sebesar 16,7% (4 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 20,8% (5 siswa). Berdasarkan temuan penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat siswa kelas V SD Negeri Pakem dalam mengikuti pembelajaran bola voli berada pada kategori “sedang”.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Guntur. (2013). Pengembangan sistem asesmen hasil belajar siswa sekolah menengah atas dalam penjasorkes materi permainan bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.
Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Pratiwi., Endang., & Novi, A. (2020). Dasar-dasar pendidikan jasmani untuk guru sekolah dasar. Palembang: Bening media publishing.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiastuti. (2019). Mengatasi keterbatasan sarana prasarana pada pembelajaran pendidikan jasmani. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj.