EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Sukanti Sukanti Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v5i2.1781

Abstract

Ruang lingkup evaluasi pendidikan pada umumnya meliputi evaluasi program pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Evaluasi proses pembelajaran kurang mendapatkan perhatian guru dibandingkan dengan evaluasi hasil belajar, karena guru pada umumnya lebih menitikberatkan evaluasi hasil belajar sebagai kriteria keberhasilan kegiatan pembelajarannya. Evaluasi proses pembelajaran sangat bermanfaat terutama bagi guru dan kepala sekolah sebagai bahan untuk mengambil keputusan yang berkenaan dengan proses pembelajaran Evaluasi proses pembelajaran bertujuan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan kegiatan pembelajaran yang nantinya diharapkan  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa jauh program pembelajaran dapat dilaksanakan, perlu membandingkan antara proses pembelajaran  yang seharusnya dilaksanakan  dengan proses pembelajaran yang senyatanya berlangsung.  Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari efisiensi, efektivitas, relevansi, dan produktivitanya.  Secara rinci terdapat 10 kriteria yang dapat digunakan untuk menilai proses pembelajaran yaitu (1) konsistensinya dengan kegiatan yang terdapat dalam program pembelajaran, (2) keterlaksanaannya oleh guru, (3) keterlaksanaannya dari segi siswa, (4) perhatian yang diperlihatkan oleh siswa, (5) aktivitas para siswa dalam pembelajaran, (6) kesempatan yang diberikan untuk menerapkan hasil pembelajaran, (7) kesempatan dan kualitas bimbingan individual yang diberikan kepada siswa, (8) pola interaksi antara guru dan siswa, (9) kesempatan untuk mendapatkan umpan balik secara kontinyu, dan (10) bebasnya dari efek samping yang negatif). Sumber data yang dapat digunakan untuk melasanakan evaluasi proses pembelajaran ini adalah tenaga pendidikan,  siswa, orang tua siswa, dan kepala sekolah  Data dapat dikumpulkan dengan teknik wawancara, angket, dan observasi. Selanjutnya dari hasil analisis dapat digunakan untuk mengambil keputusan (memperbaiki, meningkatkan atau mempertahankan yang sudah ada)

Downloads

How to Cite

Sukanti, S. (2014). EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v5i2.1781