EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v5i2.1781Abstract
Ruang lingkup evaluasi pendidikan pada umumnya meliputi evaluasi program pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Evaluasi proses pembelajaran kurang mendapatkan perhatian guru dibandingkan dengan evaluasi hasil belajar, karena guru pada umumnya lebih menitikberatkan evaluasi hasil belajar sebagai kriteria keberhasilan kegiatan pembelajarannya. Evaluasi proses pembelajaran sangat bermanfaat terutama bagi guru dan kepala sekolah sebagai bahan untuk mengambil keputusan yang berkenaan dengan proses pembelajaran Evaluasi proses pembelajaran bertujuan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan kegiatan pembelajaran yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa jauh program pembelajaran dapat dilaksanakan, perlu membandingkan antara proses pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan dengan proses pembelajaran yang senyatanya berlangsung. Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari efisiensi, efektivitas, relevansi, dan produktivitanya. Secara rinci terdapat 10 kriteria yang dapat digunakan untuk menilai proses pembelajaran yaitu (1) konsistensinya dengan kegiatan yang terdapat dalam program pembelajaran, (2) keterlaksanaannya oleh guru, (3) keterlaksanaannya dari segi siswa, (4) perhatian yang diperlihatkan oleh siswa, (5) aktivitas para siswa dalam pembelajaran, (6) kesempatan yang diberikan untuk menerapkan hasil pembelajaran, (7) kesempatan dan kualitas bimbingan individual yang diberikan kepada siswa, (8) pola interaksi antara guru dan siswa, (9) kesempatan untuk mendapatkan umpan balik secara kontinyu, dan (10) bebasnya dari efek samping yang negatif). Sumber data yang dapat digunakan untuk melasanakan evaluasi proses pembelajaran ini adalah tenaga pendidikan, siswa, orang tua siswa, dan kepala sekolah Data dapat dikumpulkan dengan teknik wawancara, angket, dan observasi. Selanjutnya dari hasil analisis dapat digunakan untuk mengambil keputusan (memperbaiki, meningkatkan atau mempertahankan yang sudah ada)
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.