Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Kemantren Gedongtengen Yogyakarta

Erma Darmayanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muthmainah Muthmainah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Indrawati Indrawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di Kemantren Gedongtengen Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode ex post facto. Subjek penelitian terdiri dari orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan melalui tiga tahapan yaitu: analisis outer model, analisis inner model, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian anak yaitu nilai t-statistik 8,882 > 1,96 dan p-value = 0,000 < 0,05 artinya adalah pola asuh orang tua memengaruhi kemandirian anak.


Keywords


Parenting style, child independence

Full Text:

PDF

References


Amelia, A., & Sumarni, S. (2022). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 171–180. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa

Bornstein, M. H. (2019). Handbook of parenting: The practice of parenting. In Taylor and Francis (Third Edit).

Elias, W. (2015). Children’s independent mobility in israel: Case study of the arab population group. Transport and Sustainability, 7, 23–42. https://doi.org/10.1108/S2044-994120150000007014

Farhurohman, O. (2017). Hakikat bermain dan permainan anak usia dini di pendidikan anak usia dini (PAUD). Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2(1), 27–36.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris. In Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gustiana, E., Mayasarokh, M., & Dewi, A. R. T. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). In Y. McDuffee (Ed.), Sage (second edi).

Hay, D. F. (2019). Emotional development from infancy to adolescence. In Emotional Development from Infancy to Adolescence. https://doi.org/10.4324/9781315849454

Indrawan, I., & Wijoyo, H. (2020). Pendidikan anak prasekolah. In Pena Persada (pertama, Issue July). Pena Persada.

Kustiah, S. (2015). Pola asuh orang tua dan kemandirian anak. In A. Mahmud (Ed.), Edukasi Mitra Grafika. Edukasi Mitra Grafika.

Mowder, B. A., Guttman, M., Rubinson, F., & Sossin, K. M. (2006). Parents, children, and trauma: Parent role perceptions and behaviors related to the 9/11 tragedy. Journal of Child and Family Studies, 15(6), 730–740. https://doi.org/10.1007/s10826-006-9046-9

Nainggolan, V. (2020). Peran bimbingan orang tua dalam kemandirian belajar anak di sekolah dasar. Pendidiikan Dasar, 2, 156–162.

Salina, E., Thamrin, & Sutarmanto. (2014). Faktor-faktor penyebab anak menjadi tidak mandiri pada usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(6), 1–10.

Santrock, J. W. (2016). Children. In McGraw-Hill Education (Thirteenth). http://library.lol/main/c3911293fb127b5d9abc997e5f1d71c2

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran orang tua pada kemandirian anak usia dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Suci, I. G. S., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Pengantar psikologi pendidikan. In I. P. Gelgel (Ed.), Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media (Cetakan Pe). Jawa Timur.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. In Alfabeta Bandung. Penerbit Alfabeta.

Sulistianah, & Ahmad, T. (2020). Perkembangan kemandirian pada anak usia dini. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 185.

UU RI No. 20 Tahun. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta.

Webb, S., Janus, M., Duku, E., Raos, R., Brownell, M., Forer, B., Guhn, M., & Muhajarine, N. (2017). Neighbourhood socioeconomic status indices and early childhood development. SSM - Population Health, 3, 48–56. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2016.11.006

Wiyani, N. A. (2013). Bina karakter anak usia dini: Panduan orang tua dan guru dalam membentuk kemandirian & kedisiplinan anak usia dini. In Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yamin, M., & Sanan, J. S. (2013). Panduan pendidikan anak usia dini. In Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.56583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats