Dampak menonton serial kartun kesukaan terhadap perilaku anak

Afifah Nur Fauziah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
Novias Maharani, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
Cinantya Lungid Ngasmarani, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
Erlinda Rahma Dewi, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak menonton serial kartun kesukaan terhadap perilaku anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam artikel ini adalah mengkaji jurnal yang sesuai dengan masalah penelitian. Temuan-temuan pada proses pengumpulan data, kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak positif dan negatif dari menonton film animasi kartun kesukaan terhadap perilaku anak. Dampak positifnya antara lain terbentuknya perilaku dan nilai-nilai positif anak seperti bekerja sama, kemurahan hati, hasrat akan penerimaan, dan simpati. Sedangkan dampak negatifnya antara lain anak cenderung meniru adegan yang ada di film kartun seperti memukul, melempar, melontarkan kata-kata kotor, emosional, memerintah, menyalahkan orang lain, berbohong, mengkambinghitamkan orang lain, karena anak menganggap film kartun yang ditonton itu hal yang nyata. Lebih lanjut diharapkan para orang tua perlu membantu anak memilih tayangan film yang edukatif, mendampingi saat anak menonton film, mengawasi tontonan anak, dan memberikan bimbingan pada anak.

Keywords


Behavior, cartoon series, children

Full Text:

PDF

References


A, F. L. (2016). Perilaku sosial anak usia dini di lingkungan lokalisasi guyangan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo.

Aisyah, A. N., Rachminawati, N., & Hakim, A. (2022). Analisis dampak tayangan film terhadap perilaku agresifitas anak usia 4-6 tahun di ra almuhajirin. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education.

Anggia, S., & Mahyuddin, N. (2020). Pengaruh penggunaan media film animasi upin dan ipin terhadap perilaku sosial anak di taman kanak-kanak aisyah padang panjang. Jurnal Pendidikan Tembusai.

Anggraeni, K., & Estaswara, H. (2022). Pengaruh menonton tayangan kekerasan serial animasi boboiboydi televisi terhadap perilaku imitasi anak. Jurnal Publish.

Arriyani, F. (2014). Perilaku agresif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Dewi , A. R., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age.

Fahruddin, Astini, B. N., Suwarta, I. N., & Shavina, H. R. (2022). Dampak tayangan film kartun terhadap perilaku anak usia 5-6 tahun. Indonesian Journal of Elementary and Chilhood Education.

Fauzia, S. N. (2015). Perilaku keagamaan islam pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Hanifah , N., & Rakimahwati. (2022). Bentuk perilaku agresif anak setelah menonton televisi pada kelompok b di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Harahap, F. D., & Nasution, N. A. (2022). Analisis dampak menonton serial kartun upin dan ipin terhadap perkembangan moral agama anak usia 5-6 tahun. Journal Of Educatioan and Teaching.

Hayati, F., & Malinda , C. (2020). Analisis dampak tayangan televisi terhadap perilaku bullying di tk al-mawaddah kecamatan suka makmur suka besar. Jurnal Buah Hati.

Hutasuhut, A. R., & Yaswinda. (2020). Analisis pengaruh film nussa dan rara terhadap empati anak usia dini di kota padang. Jurnal Pendidikan Tembusai.

Ilham, W., Arifin, A. A., Ummah, D. M., & Al-Hadad, B. (2021). Analisis tayangan serial animasi upin dan ipin dalam perkembangan pola perilaku sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Indayana, N. F., Rusmayadi, & Musi, M. A. (2022). Pengaruh film animasi terhadap perilaku moral anak usia 5-6 tahun. Journal Of Early Chilhood Education and Development.

Juliswara, V. (2014). Pendekatan simulacra terhadap kekerasan dalam film kartun tom and jerry. Jurnal Ilmu Komunikasi .

Luviani, A., & Delliana, S. (2020). Pengaruh terpaan tayangan animasi nussa official (cuci tangan yuk) di youtube terhadap perilaku imitasi anak. Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi .

Maryani, Syukri, M., & Miranda, D. (2015). Meningkatkan kemampuan perilaku prososial melalui media film animasi upin dan ipin pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Untan.

Mazidah, R., & Reza, M. (2016). Pengaruh menonton kartun tom and jerry terhadap perilaku agresifitas anak usia 3-4 tahun. Jurnal Mahasiswa Uiniversitas Negeri Surabaya.

Mu"awwanah , U. (2017). Perilaku insecure pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Nadhirah, Y. F. (2017). Perilaku ketidakmatangan sosial emosional pada anak usia dini.

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Nilasuwarna, N., & Jalil, N. (2020). Perilaku sosial anak yang senang menonton film kartun upin dan ipin . Jurnal Al-Athfal.

Raharjo, S. S., & Khotimah, N. (2017). Kontribusi tontonan film kartun terhadap perilaku prososial anak pada kelompok b di tk dharma wanita persatuan medalem dan sudimoro sidoarjo tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Riset.

Rahmad. (2015). Nilai pendidikan islam film animasi upin dan ipin dalam membentuk perilaku islami anak dikelurahan tinanggea. Shautut Tarbiyar.

Sari, A. L., Nariyah, H., & Wihayati, W. (2019). Studi fenomenologi film animasi upin ipin di mnctv dalam membentuk perilaku imitasi pada anak di tk al-muhibbin kecamatan sumber kabupaten cirebon. Jurnal Signal.

Setyawan, T., Juniadi, M. N., & Rosyidi, A. (2017). Film animasi dua dimensi dengan judul andi tema: Sikap dan perilaku disiplin anak usia dini. Jurnal IT CIDA.

Sitinjak, S. R., Adelina, H., & Yanzi, H. (2017). Pengaruh pilihan film kartun terhadap perilaku anak di pekon luas kabupaten lampung barat. Jurnal Kultur Demokrasi.

Telussa, S. I. (2022). Dampak tayangan televisi (film kartun) terhadap perilaku anak di desa rumah tiga kecamatan teluk ambon. Jurnal Hipotesa.

Tirmidziani, A., Dewi, R. S., & Nugraha, F. (2022). Pengaruh film kartun upin ipin episode"ikhlas dari hati" terhadap perkembangan perilaku moral anak usia dini di wilayah kp.liunggunung rw.06 kelurahan panyingkiran kecamatan indihiang kota tasikmalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar.

Wahyuni, D. T., Handayani , T., & Fahmi. (2022). Korelasi tayangan film adit dan sopo jarwo dengan perilaku anak usia dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Werdiningsih, N., & Lestari, S. P. (2017). Hubungan tayangan kartun upin dan ipin dengan perilaku imitasi anak. Jurnal Egaliter .

Wiyati, N. A., & Barnawi. (2014). Format paud: Konsep, karakteristik, dan implementasi pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v12i1.55551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats