Pengembangan Kemandirian Anak TK Kelompok A Melalui Kegiatan Makan Bersama di TK PKK 76 Guwosari Bantul

L. Andriani,
- Sutiman,
Windi Wulandari,

Abstract


Mengembangkan kemandirian anak dapat dilakukan pada saat kegiatan makan bersama karena program gizi makan bersama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di sekolah, sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih mengena karena dilakukan berulang-ulang dan dipraktekkan anak secara langsung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Jumlah anak yang berada dikelompok A ada 20 anak. Metode pengumpulan data menggunakan obervasi dengan checklist Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa mengembangkan kemandirian anak dapat dilakukan melalui makan bersama dengan cara memberi arahan pada anak untuk melakukan tahapan-tahapan makan dan memberi motivasi pada anak serta memberi kegiatan yang mengarahkan anak pada kemandirian.

Kata kunci: pengembangan, kemandirian, kegiatan makan bersama, anak



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i2.3028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats