Pengembangan Kemampuan Matematika Anak UsiA 5-6 Tahun Melalui Kegiatan di Sentra Seni

Authors

  • Sri Indah Pujiastuti
  • Iva Sarifah
  • Finka Rachmawati

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v1i2.3021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan matematika pada anak usia 5-6 tahun di TTKA Rawamangun Ceria, Jakarta Timur melalui kegiatan di pusat-pusat seni pada bulan Oktober-November 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui satu siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek adalah 6 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan rata-rata yaitu kuantitatif dan proporsi yang dipelajari harus meningkatkan 20%, dan kualitatif sebagai reduksi data, data display, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan 35,52% pada siklus I, sehingga penelitian ini dihentikan pada siklus II. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kegiatan di pusat-pusat seni bisa mengembangkan matematika pada anak-anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci: matematika, seni pusat, kegiatan, anak usia 5-6 tahun.


Downloads

Published

2015-02-10

How to Cite

Pujiastuti, S. I., Sarifah, I., & Rachmawati, F. (2015). Pengembangan Kemampuan Matematika Anak UsiA 5-6 Tahun Melalui Kegiatan di Sentra Seni. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 1(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i2.3021