PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BULA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR-MALUKU

Nurhayati Suwakul, Suwarjo Suwarjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran tematik pada sekolah dasar negeri di Kabupaten Seram Bagian Timur yaitu SDN 1, 2 dan 3 Bula khususnya pada kelas III. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang mengungkapkan fenomena yang terjadi secara apa adanya dan berusaha memaparkan data terkait bagaimana pemahaman pengelola sekolah terhadap penerapan pembelajaran tematik. Adapun hasil dari penelitian ini meliputi perencanaan, setiap guru kelas sudah memiliki perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP tematik. Pelaksanaan, secara perencanaan guru sudah memiliki perangkat pembelajaran tematik, tetapi pada aspek pelaksanaan tidak secara tematik/per mata pelajaran. Penilaian, proses penilaian meliputi ulangan harian (UH) 1 s/d 3 disusul dengan ulangan tengah semester (UTS) dan ulangan akhir semester (UAS). Dalam pengelolaan pembelajaran tematik ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya guru pada setiap sekolah belum dibekali pelatihan terkait pengelolaan pembelajaran tematik, minim sarana pembelajaran dan jumlah siswa pada setiap kelas diatas 30 orang siswa sehinggan guru sulit dalam melakukan pengelolaan kelas.

Kata kunci: Pengelolaan pembelajaran tematik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats