MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMAN 4 YOGYAKARTA

Authors

  • Arusma Linda Simamora
  • Suwarjo Suwarjo

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2394

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap manajemen bimbingan dan konseling di SMAN 4 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif dari Miles dan Huberman melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: manajemen bimbingan dan konseling di SMAN 4 Yogyakarta terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, belum semuanya dilakukan optimal. (1) Perencanaan program BK didasarkan pada analisis kebutuhan siswa, bersifat fleksibel, namun belum berdasarkan analisis lingkungan (2) Pengorganisasian BK, pembagian tugas sesuai dengan mekanisme namun terkendala waktu karena banyak tugas guru BK di luar BK, konselor dan konseli belum seimbang. (3) Pelaksanaan BK, belum menggunakan model BK komprehensif, beberapa layanan belum dilakukan optimal karena banyaknya tugas guru BK di luar kegiatan BK. (4) Pengawasan BK belum dilakukan optimal sebagaimana mestinya.

Kata kunci: manajemen bimbingan dan konseling

Downloads

Published

2013-09-01

How to Cite

Simamora, A. L., & Suwarjo, S. (2013). MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMAN 4 YOGYAKARTA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 190–204. https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2394

Issue

Section

Articles