Kesiapan Guru Sejarah SMA Islam 1 Gamping Sleman dalam Implementasi Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v11i2.7557Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapan guru sejarah SMA Islam I Gamping Sleman dalam implementasi kurikulum 2013, dan (2) mengetahui upaya-upaya apa yang telah dilakukan guru dan sekolah dalam mempersiapkan implementasi kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, data yang digunakan adalah data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi; validitas menggunakan triangulasi dan informant review; dan model analisis yang digunakan adalah model interaktif. guru sejarah di SMA Islam I Gamping Sleman yang berjumlah 2 orang pada dasarnya sudah siap untuk menerapkan kurikulum 2013 pada tahun 2014 ini. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuannya untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan perangkat pembelajaran, media pembelajaran, dan lembar penilaian yang sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dan sekolah adalah: mengikuti pelatihan kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh pemerintah, mengikutkan guru-guru untuk workshop kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi dan LSM, serta mengikuti seminar-seminar kurikulum 2013 di sekolah-sekolah maupun dinas pendidikan.
Kata Kunci: kesiapan, implementasi, kurikulum 2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index