Teknik permainan terompong pada musik tradisional gendang betep
DOI:
https://doi.org/10.21831/imaji.v23i1.83935Keywords:
teknik permainan, playing technique, terompong, gendang betepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik permainan terompong pada musik tradisional gendang betep di Sanggar Mandi Suare dusun Kuangwae desa Menceh. Terdapat beberapa teori yang digunakan diantaranya teori teknik permainan, musik tradisional dan teori musik gendang betep. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam memainkan musik gendang betep terdapat beberapa teknik diantaranya teknik ngambak, teknik beradeng atau melambat, teknik kotekan atau betimbalan, dan yang terakhir teknik kunci nade. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap sekahe gendang betep baik secara teoritis maupun praktisnya.
Terompong playing technique in traditional music gendang betep
Abstract
This study aims to analyze the terompong playing technique in the traditional music of gendang betep in Sanggar Mandi Suare, Kuangwae, Menceh village. There are several theories used, including the theory of playing techniques, traditional music and gendang betep music theory. The type of research used is qualitative research with data collection techniques using observation, interviews and documentation techniques. The results showed that in playing gendang betep music, there are several techniques, including the ngambak technique, the beradeng or slow technique, the kotekan or betimbalan technique, and finally the kunci nade technique. The results of this study are expected to provide an understanding of sekahe gendang betep both theoretically and practically.
References
Alfargani, R. G. (2019). Beleq dalam konservasi musik tradisional Lombok teknik permainan gendang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain-Fakultas Sastra UM
Fadilla, R. A., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: Tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46
Gautama, G. P., & Sujayanthi, N. W. M. (2022). New technique of playing Reong into musical composition “Sekunder” | Teknik baru memainkan Reong dalam komposisi karawitan “Sekunder.” Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan, 2(2), 97–104. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i2.420
Hafiz, A., & Markarma, R. (2019). Musical elements of Gendang Beleq Art Teruna Jaya Sakra Village. The 4th Hamzanwadi International Conference on Education, 24
Hairinnisa, H. (2018). Unsur Musikal Gending Asmarandane pada kesenian musik tradisional Klenang di sanggar “Waris Dowe Jero Noer Salim” desa Kelayu Jorong kec. Selong Lombok Timur. Universitas Hamzanwadi
Ischak, W. I., Badjuka, B. Y., & Zulfiayu. (2019). Modul Riset Keperawatan, 12, 99–119
Kautzar, A. (2019). Karakteristik bentuk musik Melayu di kota Palembang pada lagu Melati Karangan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 18(2), 88–94. https://doi.org/10.24821/resital.v18i2.1926
Maulana, I., Suryati Budiwati, D., & Karwati, U. (2022). Kajian Organologi alat musik tradisional Canang Ceureukeh. Siwayang Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, dan Antropologi, 1(4), 163–178. https://doi.org/10.54443/siwayang.v1i4.409
Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Dr. Ir.Sutopo (Ed.); Edisi Ke D). Alfabeta
Yudarta, I. G., & Pasek, I. N. (2015). Revitalisasi musik tradisional prosesi adat Sasak sebagai identitas budaya Sasak. Segara Widya: Jurnal Penelitian Seni, 3. https://doi.org/10.31091/sw.v3i0.175S
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alwan Hafiz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors who publish this journal agree to the following requirements. The author retains the copyright regarding the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License.