Lingga Bergema: Reinterpretasi simbolisme lingga
DOI:
https://doi.org/10.21831/imaji.v23i1.83890Keywords:
Lingam, installation art, symbolism, Practice-based ResearchAbstract
Penelitian berbasis praktik ini mengkaji simbolisme lingga, yang merupakan representasi ikonik Dewa Siwa dalam agama Hindu, melalui penciptaan seni instalasi "Lingga Bergema". Lingga, yang secara tradisional menjadi lambang kekuatan maskulin, potensi kreatif, dan dualitas, diinterpretasikan kembali sebagai objek falik yang dapat mengembang dan mengempis, memicu pertanyaan tentang makna spiritual, seksual, dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan penafsiran tentang lingga dalam seni instalasi serta untuk memfasilitasi dialog mengenai isu-isu aktual. Dengan menggunakan pendekatan Practice-based Research, peneliti terlibat secara langsung dalam proses kreatif, dan didukung oleh dokumentasi serta analisis kualitatif serta semiotik-hermeneutika. Karya "Lingga Bergema" telah memunculkan diskusi yang beragam, dengan interpretasi spiritual, seksual, dan sosial. Gerak lingga diartikan sebagai simbol dari kekuatan hidup, kreativitas, dan dualitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa simbolisme lingga dalam seni instalasi memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi dan dapat diinterpretasikan dalam berbagai cara, serta efektif sebagai sarana untuk mengeksplorasi simbol budaya dalam konteks modern.
Kata Kunci: Lingga, seni instalasi, simbolisme, practice-based research
References
Chaturvedi, B.K. 2014. Linga Purana. 2014th ed. New Delhi.
Deutsch, E. 1969. Advaita VedÄnta: A philosophical reconstruction. Honolulu: East-West Center Press.
Feuerstein, G. 1998. The Yoga Tradition: Its History, Literature, Philosophy and Practice. Prescott, AZ: Hohm Press.
Flood, Gavin. 1996. An Introduction to Hinduism. New York: cambridge University Press.
Gustami, SP. Proses Penciptaan Seni Kriya "Untaian Metodologis". Yogyakarta: Program Pascasarjana ISI Yogyakarta, 2006. Buku Teks.
L.Eck, Diana. 1998. Darsan. 3rd ed. New York: Columbia University Press.
Olivelle, P. 1998. The Early Upaniá¹£ads: Annotated Text and Translation. Oxford: Oxford University Press.
Rao, T.A. Gopinatha. 1916. Elements of Hindu Iconography. madras: the law printing house mount road.
Snodgrass, A. 1990. Architecture, time and atman: A reconsideration of the "golden germ" theory of the origin of the garbhagrha. Artibus Asiae, 50(1/2), 117-152.
Suryanto, Agung. 2020. "The Breathing Tree: Aplikasi Perangkat Teknologi Pada Karya Seni." Surakarta. https://conference.isi-ska.ac.id/index.php/senakreasi/article/view/119
Urban, Hugh B. 2003. Tantra. London: University of California Press, Ltd. London, England.
White, D. G. 1996. The alchemical body: Siddha medicines and alchemical transformations. Chicago: University of Chicago Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agung Suryanto, Angga Sukma Permana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors who publish this journal agree to the following requirements. The author retains the copyright regarding the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License.