EFEKTIVITAS PERLAKUAN BERNYANYI UNTUK MENGURANGI PERILAKU MELTDOWN/TEMPER TANTRUMPADA REMAJA AUTIS
DOI:
https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7889Abstract
Penelitian ini dilakukan untulk mengkaji efektivitas perlakuan pengaruh
bertujuan untuk mengurangi perilaku meltdown/temper tantrum,pada remaja autis dengan
memberikan perlakuan bernyanyi melalui desain eksperimen subjek tunggal ABA.
Pada penelitian ini menggunakan teori copingdalam strategi emotion-focused
coping, dimana perlakuan bernyanyi dijadikan media bagi penyandang autis untuk
pengalihan emosi negatif menjadi positif sehingga perilaku meltdown/temper tantrum
menjadi berkurang.
Subjek penelitian seorang remaja perempuan penyandang autis yang berusia 16
tahun memiliki perilaku meltdown/temper tantrumyang khas. Penelitian ini dilakukan
selama 30 kali pertemuan dengan perincian untuk baselinesebanyak 10 kali,
treatmentsebanyak 10 kali, mengulangbaselinesebanyak 10 kali. Subjek diberikan
perlakuan bernyanyi selama 120 menit selama 10 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan perilaku meltdown/temper
tantrum setelah diberikan perlakuan bernyanyi selama 10 kali pertemuan. pada
fasebaseline1-10,sebesar 288 kemunculan perilaku, fasetreatment 1-10,kemunculan
perilakusebesar 68 kemunculan perilaku, fase mengulang baseline1-10,sebesar 105. Hal
ini menunjukkan bahwa treatment yang berupa perlakuan bernyanyi dapat digunakan
untuk mengurangi perilaku meltdown/temper tantrum.
Downloads
Published
2016-01-22
How to Cite
[1]
Nababan, P. 2016. EFEKTIVITAS PERLAKUAN BERNYANYI UNTUK MENGURANGI PERILAKU MELTDOWN/TEMPER TANTRUMPADA REMAJA AUTIS. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni. 13, 2 (Jan. 2016). DOI:https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7889.
Issue
Section
Articles