Pendidikan seni dalam prosesi pembukaan Gebyar Pesona Budaya Garut tahun 2024

Authors

  • Hendra Rizal Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizki Rizali Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rama Gouwtama Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yuliawan Kasmahidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sukanta Sukanta Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/imaji.v23i1.78218

Keywords:

Arts education, Gebyar Pesona Budaya Garut, ceremonial event, local cultural heritage

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi pendidikan seni dalam acara seremonial Gebyar Pesona Budaya Garut, khususnya pada prosesi pembukaan yang menampilkan kolaborasi seni tradisional setempat. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan seni dalam acara tersebut dan mengevaluasi efektivitasnya dalam memfasilitasi pendidikan seni di masyarakat dan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara serta Teknik analisis data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa acara tersebut efektif dalam memberikan kesempatan bagi siswa-siswi sekolah untuk tampil, sehingga mereka tidak terpaku pada acara di sekolah saja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memberikan wawasan tentang peran penting acara seremonial dalam memfasilitasi pendidikan seni dan mengapresiasi warisan budaya lokal.

Kata kunci: Pendidikan seni, Gebyar Pesona Budaya Garut, acara seremonial, warisan budaya lokal

Art education in the opening procession of Gebyar Pesona Budaya Garut in 2024

Abstract

The study examines the implementation of art education in the ceremonial events of the Gebyar Pesona Budaya Garut, in particular at the opening procession showcasing local traditional art collaboration. The research aimed to describe the application of art education in the event and to evaluate its effectiveness in facilitating art education within the community and schools. The research uses a qualitative approach with data collection techniques such as observations and interviews, as well as data analysis techniques with triangulation. Research shows that the event is effective in giving students the opportunity to perform, so they do not get stuck on school events alone. The results of this research are expected to contribute to providing insight into the important role of ceremonial events in facilitating art education and appreciating local cultural heritage.

Keywords: Arts education, Gebyar Pesona Budaya Garut, ceremonial event, local cultural heritage

References

Adham, M. J. I., & Hubi, Z. B. (2024). Membangun karakter dan budaya bangsa di sekolah melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila. Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa: Konsep dan Implementasi di Indonesia, 157

Bulan, N. (2023). Penurunan Minat Generasi Muda terhadap Seni dan Budaya”. Diambil dari https://www.kompasiana.com/noveninabulan5910/648461b44d498a709844b4b6/penurunan-minat-generasi-muda-terhadap-seni-dan-budaya

Chambers, R. (1995). Poverty and livelihoods: whose reality counts?. Environment and urbanization, 7(1), 173-204

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of educational research, 74(1), 59-109

Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1994). Competing paradigms in qualitative research. Handbook of qualitative research, 2(163-194), 105

Renden, S. (2022). Peran kegiatan ekstrakurikuler seni tari dalam membangun kepercayaan diri siswa di SD Kristen Makale 2 kabupaten Tana Toraja (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa)

Setiaji, D. (2023). Analisis Pembelajaran Seni Terhadap Esensi dan Tujuan Pendidikan. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 1685-1693

Sumarjo, Y. (2001). Seni pertunjukan Indonesia: Suatu pendekatan sejarah

Tetep, T., Suherman, A., Mulyana, E., Widyanti, T., Pebriani, W., Susanti, Y., & Ilah, I. (2021). Potensi pariwisata garut dalam mewujudkan ekonomi kreatif. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(2), 141-146

Wood, D., Bruner, J. S., & Ross, G. (1976). The role of tutoring in problem solving. Journal of child psychology and psychiatry, 17(2), 89-100

Downloads

Published

26-04-2025

How to Cite

Rizal, H., Rizali, R., Gouwtama, R., Kasmahidayat, Y., & Sukanta, S. (2025). Pendidikan seni dalam prosesi pembukaan Gebyar Pesona Budaya Garut tahun 2024. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 23(1), 53–58. https://doi.org/10.21831/imaji.v23i1.78218

Issue

Section

Articles