DI BALIK TOPENG MASKULINITAS IKLAN ROKOK: KRITIK TERHADAP IKLAN ROKOK A MILD MEDIA OUTDOOR VERSI BERANI TAKUT
Abstract
Tujuan kajian ini adalah memberikan pengertian, apresiasi, dan evaluasi
mengenai fenomena di balik iklan rokok A Mild media outdoor versi Berani Takut.
Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi pustaka dan observasi.
Iklan rokok A Mild versi Berani Takut menjadikan maskulinitas sebagai bentuk
komodifikasi dalam penyampaian pesan iklan. Hubungan antara komodifikasi
maskulinitas dan realitas adalah bertolak belakang. Imaji maskulinitas yang
dibentuk dari iklan hanyalah fragmen ideologi yang terbentuk dari konotator pada
tahapan mitos. Keterkaitan antara hasil analisis semiotika dengan ketiga contoh
iklan tidak menampilkan realitas produk yang sesungguhnya (mirror of reality),
melainkan realitas yang tidak sesungguhnya dari sebuah produk (distorted of
mirror reality).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v12i2.3159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats