DI BALIK TOPENG MASKULINITAS IKLAN ROKOK: KRITIK TERHADAP IKLAN ROKOK A MILD MEDIA OUTDOOR VERSI BERANI TAKUT

Nadia Sigi Prameswari,

Abstract



Tujuan kajian ini adalah memberikan pengertian, apresiasi, dan evaluasi
mengenai fenomena di balik iklan rokok A Mild media outdoor versi Berani Takut.
Metode  yang  digunakan  dalam  kajian  ini  adalah  studi  pustaka  dan  observasi.
Iklan rokok A Mild versi Berani Takut menjadikan maskulinitas sebagai bentuk
komodifikasi  dalam  penyampaian  pesan  iklan.  Hubungan  antara  komodifikasi
maskulinitas  dan  realitas  adalah  bertolak  belakang.  Imaji  maskulinitas  yang
dibentuk dari iklan hanyalah fragmen ideologi yang terbentuk dari konotator pada
tahapan mitos. Keterkaitan antara hasil analisis semiotika dengan ketiga contoh
iklan tidak menampilkan realitas produk yang sesungguhnya (mirror of reality),
melainkan  realitas  yang  tidak  sesungguhnya  dari  sebuah  produk  (distorted  of
mirror reality).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v12i2.3159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats