METODE PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE, KECERDASAN KINESTETIK, DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK SENI TARI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

Rinanti Murdianing Sunyar, Kuswarsantyo Kuswarsantyo

Abstract


Penelitian eksperimen ini bertujuan mengetahui perbedaan efektivitas penerapan metode pembelajaran Think-Pair-Share dan metode imitasi dengan kecerdasan kinestetik yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik terhadap peningkatan ketrampilan motorik pada mata pelajaran seni tari di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, eksperimental-semu dengan teknik analisis data yang digunakan teknik analisis two way anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hipotesis pertama yang berbunyi “adanya perbedaan yang signifikan pada keefektifan metode Think-Pair-Share dibandingkan dengan metode imitasi jika ditinjau dari peningkatan ketrampilan motorik peserta didik pada mata pelajaran seni tari di SMP Muhammadiyah 3 Depok” teruji kebenarannya dengan nilai Fhitung sebesar 8.086 (2) hipotesis kedua yang berbunyi “adanya perbedaan yang signifikan pada kecerdasan kinestetik yang dimiliki masing-masing peserta didik terhadap ketrampilan motoriknya pada mata pelajaran seni tari di SMP Muhammadiyah 3 Depok” teruji kebenarannya dengan nilai Fhitung sebesar 13.148 dan (3) hipotesis ketiga yang berbunyi “adanya perbedaan yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Think-Pair-Share dan kecerdasan kinestetik yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik terhadap peningkatan ketrampilan motorik pada mata pelajaran seni tari di SMP Muhammadiyah 3 Depok” diterima secara empiris dengan nilai Fhitung sebesar 4.242.

Kata kunci: Think-Pair-Share, kecerdasan kinestetik, ketrampilan motorik, seni tari

 

THINK-PAIR-SHARE LEARNING METHOD, KINESTHETIC INTELLIGENCE, AND MOTOR SKILLS IMPROVEMENT OF DANCE LESSONS

AT SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

Abstract

This experiment research aims to know the effectiveness of the implementation ofThink-Pair- Share learning method and imitation method and kinesthetic intelligence that belongs to each of the student in the improvement of motor skills in the subject of dance art in SMP Muhammadiyah 3 Depok. The approach used in this research is the quantitative, quasi experimental design. The data collection instruments used in this research were questionnaires and tests. Data analysis techniques used in this research were descriptive statistic and analysis technique of two way anova. This experiment research shows that: (1) the first hypothesis which says “there are significant differences on the effectiveness of Think-Pair-Share method compared with imitation method reviewed from the improvement of students motor skills in the subject of dance art in SMP Muhammadiyah 3 Depok” is accepted with an Fcount 8.086, (2) the second hypothesis which says “there is a significant differences in the kinesthetic intelligence that belongs to each of the student toward the motor skills in the subject of dance art in SMP Muhammadiyah 3 Depok” is accepted with Fcount 13.148, and (3) the third hypothesis saying “there is a significant difference in the implementation of Think-Pair-Share learning method and kinesthetic intelligence that belong to each of the student in the improvement of motor skills in the subject of dance art in SMP Muhammadiyah 3 Depok” is empirically accepted with the Fcount of 4.242.

Keywords: Think-Pair-Share, kinesthetic intelligence, motor skills, dance art


Keywords


Think-Pair-Share, kecerdasan kinestetik, ketrampilan motorik, seni tari

Full Text:

PDF

References


Abdurachman, Rosid dan Iyus Rusliana. (1979). Pendidikan Kesenian Seni Tari III. Jakarta: C.V Angkasa

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jasmine, Julia. (2012). Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.

Jazuli, M. (1994). Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang Press.

Johnson, Barry L and Jack K.Nelson. (1986). Practical Measurements For Evaluation In Physical Education-Fourth Edition. New York: Macmillan Publising Company.

Ledlow, Susan. (2001). Using Think-Pair-Share in the Collage Classroom. Arizona State University, 1.

Pamadhi, Hajar. (2012). Pendidikan Seni Hakikat, Kurikulum Pendidikan Seni, Habitus Seni dan Pengajaran Seni untuk Anak. Yogyakarta: UNY Press.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutapa, Panggung, Sukardiyanto dan BM. Wara Kushartanti. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kinestetik untuk Anak Usia Pra Sekolah. Universitas Negeri Yogyakarta, 2, 154.

Sousa, David A.(2012). Bagaimana Otak Belajar Edisi Keempat. Jakarta Barat: PT Indeks.

Winkel, W.S. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v15i2.14527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Imaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal has been Indexed by:

 Creative Commons License

website statistics View My Stats