Empowering PAUD Institute and Character Education Development through Sodaqoh Sampah Program

Authors

  • Avanti Vera Risti Pramudyani PG PAUD UAD
  • Anom Wahyu Asmorojati Prodi PPKn UAD
  • Dholina Inang Pambudi Prodi PGSD UAD
  • Ega Asnatasia Maharani PG PAUD UAD

DOI:

https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.19043

Keywords:

sodaqoh sampah, pemberdayaan lembaga, karakter, pendidikan anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengelolaan sampah melalui program sodaqoh sampah di lembaga PAUD. Program sodaqoh sampah selain sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan sampah, juga dapat dikembangkan untuk mengatasi persoalan lembaga pendidikan khususnya bidang finansial sehingga lebih berdaya, sekaligus dapat dijadikan sebagai media dalam menanamkan pendidikan karakter. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model spiral yang terdiri dari lima fase pengembangan yakni: define, design, demonstrate, develope, dan delivery. Tahap define dan design akan dilakukan pada tahun pertama sedangkan tahap berikutnya akan dilaksanakan di tahun berikutnya. Hasil penelitian pada tahun pertama adalah modul pelatihan yang akan digunakan untuk tahap demonstrate, develop, dan delivery tahap berikutnya. Program dikembangkan  dengan mengembangkan konsep pengelolaan bank sampah namun hasil penjualan dikelola oleh sekolah untuk dijadikan sebagai sumber pembiayaan sehingga sekolah dapat mengembangkan program pengembangan sekolah. Program ini menekankan pada karakter religius, jujur, peduli lingkungan, mandiri, dan kreatif. Produk yang dihasikan dalam penelitian ini adalah modul yang telah tersusun dan divalidasi oleh para ahli lingkungan, kelembagaan, dan pendidikan karakter. Penilaian dari masing-masing ahli diperoleh skor rata-rata 96,79 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian para ahli tersebut modul layak digunakan pada tahap selanjutnya

References

Azwar, A. 1979. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Mutiara.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2010. Riset Penelitian Dasar 2010. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Cennamo, K., & Kalk, D. 2005. Real World Instructional Design. Canada: Thomas Learning Inc.

Fatah, A., Taruna, T., & Purnaweni, H. 2013. "Pengelolaan Shodaqoh sampah di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta". Dalam Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (p. 552). UNDIP, Semarang.

Ife, J. 1995. Community Development: Creating Community Alternatives-vision, Analysiis and Practice. Melbourne: Longman.

Heafford, M. 1967. Pestalozzi His thought and Its Relevan Today. London, Great Britanian, UK: Metheun & Co Ltd.

Mochtar, M. 1987. Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Karya Dharma IIP.

Suhendra. 2006. Peranan Birokrasi dalam Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Sumodiningrat, G. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial. Jakarta: Gramedia.

Rozak, A. 2014. "Peran Bank Sampah Warga Peduli Lingkungan (WPL) dalam Pemberdayaan Perekonomian". Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

http://www.muhammadiyah.or.id/id/content-8-det-amal-usaha.html. Diunduh Februari 05, 2016.

http://ombudsman.go.id/index.php/pwk/perwakilan-aceh-2/1393-sistem-ppdb-di-sekolah-negeri-bunuh-sekolah-swasta.html. Diunduh 1 Desember 2016

Published

2018-03-28

How to Cite

Pramudyani, A. V. R., Asmorojati, A. W., Pambudi, D. I., & Maharani, E. A. (2018). Empowering PAUD Institute and Character Education Development through Sodaqoh Sampah Program. Jurnal Penelitian Humaniora, 22(1), 19–31. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.19043

Issue

Section

Articles