Pengembangan Media Kartu “PeKaD” untuk Peningkatan Perencanaan Karier Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.21831/foundasia.v16i1.86214Abstract
Media PeKaD merupakan bentuk dari sebuah media pembelajaran berupa kartu yang berisi poin pernyataan yang mengarah untuk mengukur tipe kepribadian siswa berdasarkan model RIASEC. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu perencanaan karier PeKaD berbasis metode RIASEC sebagai media dalam layanan bimbingan dan konseling. Media ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa SMK. Penggunaan kartu PeKaD memungkinkan siswa untuk mengenali tipe kepribadian mereka berdasarkan teori RIASEC, yang terdiri dari enam kategori: Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional. Metode dalam penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4D yang berisi define, design, development, dan disseminate. Hasil dalam penelitian ini berdasarkan uji kelayakan satu validator media dan satu validator ahli dinyatakan “sangat layak”. Berdasarkan penilaian oleh guru bimbingan dan konseling, media PeKaD ini dinyatakan “sangat layak”. Hasil uji efektivitas yang dilakukan terhadap siswa SMK dinalisis menggunakan Uji-T. Hasi pengujian menunjukkan peningkatan hasil antara pretest dengan postest sebesar 7.75714. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan media kartu PeKaD dinyatakan layak dan efektif untuk perencanaan karier siswa SMK.
Kata kunci: media kartu, perencanaan karier, research and development, siswa SMK
References
Adelia, P. V., & Setiawan, A. I. B. (2025). Hubungan Antara Overthinking dengan Minat Karier Siswa dalam Memilih Sekolah Lanjutan
Amalianita, B., & Putri, Y. E. (2019). Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(2), 63–70. https://doi.org/10.29210/3003490000
Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i2.4466
Ayu, M. N. K., Widarnandana, I. G. D., & Retnoningtias, D. W. (2022). Pentingnya Perencanaan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11(3), 341. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.7021
Azwar, B., Rizal, S., & Maemunah, M. (2023). Perencanaan Karir Siswa Dengan Layanan Bimbingan Konseling di Kelas X di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 88–95. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4547
Ghassani, M., Ni’matuzahroh, N., & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 123–138. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5
Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas ( SMA). Ditjen Guru Dan Tenaga Kependidikan., 1, 172.
Masturina, D. (2018). Pengaruh Kompetensi Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perencanaan Karir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 198–205. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4558
Putri, R., Yosef, Rozzaqyah, F., Vyanti, M., Nadya, A., & Nisa, M. (2024). BERBASIS TEORI HOLLAND DALAM KONTEKS PENDIDIKAN INDONESIA VALIDITY AND RELIABILITY I . RIASEC ( CAREER INVENTORY HOLLAND THEORY-BASIC IN THE INDONESIAN EDUCATION Pendahuluan. Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 7(3), 847–864.
Romadoni, M. W., Ian, A., & Setiawan, B. (2024). SOLUTION , Jurnal of Counseling and Personal Development Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Berbasis Website melalui Layanan Bimbingan Klasikal di SMA. 6(2), 44–55.
Sari, Y., Purwanta, E., & Setiawan, A. I. B. (2023). The Development of Career Information Service Models by Google Sites to Improve Career Planning Ability of High School Students (Issue Siccep). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-184-5_25
Setiawan, A. I. B. (2022). Pengembangan media film pendek “gerak bersama” untuk pencegahan pelecehan seksual pada siswa sma. 15(1), 1–9.
Simamora, I. P. (2018). Pengembangan Model Permainan Kartu Pikir (Pilihan Karir) Sebagai Media Bimbingan Karir Siswa SMP Di Tarakan. https://repository.ubt.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11790&keywords=
Sitompul, N., & Wiyono, B. D. (2019). Pengembangan Media Career Map Untuk Membantu Perencanaan Karier Siswa Kelas X Sma Negeri 12 Surabaya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 1. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.846
Thiagarajan, S. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Titin, S., Prasetyo, A. H., & Sri Maruti, E. (2023). 748-Article Text-3029-1-10-20230429. 09.
Zhang, H. (2023). Career Planning and Career Education for Contemporary College Students. The Educational Review, USA, 7(7), 1006–1009. https://doi.org/10.26855/er.2023.07.029
Zulfikar, F. (2021). 87 Persen Mahasiswa RI Merasa Salah Jurusan, Apa Sebabnya?. Di akses pada 15 Mei 2024 melalui laman https://www.detik. com/edu/detikpedia/d-5828770/87-persen- mahasiswa-rimerasa-salah-jurusan-apa-sebabnya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 FOUNDASIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![]() | ProGCouns: Professional Guidance and Counseling Journal by https://journal.uny.ac.id/index.php/progcouns is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |