Pola Strategi Perencanaan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri

Main Article Content

Sarah Sasqia Fitriana Susanto
Lia Yuliana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pola strategi perencanaan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri, juga untuk mengetahui pola strategi perencanaan yang efektif untuk digunakan oleh guru SMP Negeri dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMPN 9 Yogyakarta dan SMPN 16 Yogyakarta. Informasi data diambil dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wali kelas 7 dari kedua sekolah tersebut, serta artikel yang terpercaya. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru melakukan koordinasi dengan warga sekolah, utamanya wakil kepala sekolah bidang kurikulum dalam menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Guru juga menyusun Capaian Pembelajaran hingga Alur Tujuan Pembelajaran melalui kolaborasi sesama guru mata pelajaran, maupun dalam forum komunitas belajar untuk menyelaraskan strategi mengenai jalannya pembelajaran. Kemudian, terdapat perencanaan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila oleh tim fasilitator. Pola strategi perencanaan yang efektif untuk digunakan oleh guru-guru SMP Negeri adalah dengan konsisten mengikuti proses penerapan Kurikulum Merdeka, menjalin komunikasi yang baik dengan warga sekolah, sekaligus berperan aktif dalam mengikuti kegiatan di komunitas belajar.

Article Details

How to Cite
[1]
Susanto, S.S.F. and Yuliana, L. 2025. Pola Strategi Perencanaan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri. FOUNDASIA. 16, 1 (Apr. 2025), 28–40. DOI:https://doi.org/10.21831/foundasia.v16i1.85787.
Section
Articles

References

Amelia, N., Dilla, S. F., Azizah, S., Fahira, Z., & Darlis, A. (2023). Efektivitas Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 421–426.

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Apud, A. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Man Insan Cendekia. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 171–190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1229

BSKAP, K. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Kemendibudristek.

Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044

Darumurti, F. D., & Miftahuddin. (2023). Yogyakarta Kota Pendidikan: Perubahan Sosial Kota Yogyakarta 1880-1930. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 9(1), 34–42. https://pustaka.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/view/15726

Faadhilah, N. A., & Indayati, T. (2023). Analisis Perspektif Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Mappesona, 6(1), 48–60.

Fakhri, A. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran : Menjawab Tantangan Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. C.E.S (Confrence Of Elementary Studies), 1(1), 32–40.

Fatmawati, F., Hasbi, H., & K., N. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369–383. https://doi.org/10.58230/27454312.53

Firmansyah, R., Nanda Prafitasari, A., & Septia Ningrum, D. (2023). Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mempersiapkan Peserta Didik menjadi Komunitas Masyarakat Sains dan Digital. National Multidisciplinary Sciences UMJember Proceeding Series, 2(6), 464–472. http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nsm

Hadiati, E. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Mts Se- Kota Bandar Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 51–65. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3078

Iswandi, Ramadhani, P., Randa, M. G., & Nofrijon. (2021). Implementasi, Proses Kompleks, dan Faktor-Faktor Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam STAI YAPTIP Pasaman Barat, 4(1), 30–41.

http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/272

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Maryamah, E. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi, 2(02), 86–96.

Murtadlo, M. K. A., Oktafiani, D. A., & Faizah, H. (2024). Evaluasi Efektivitas Kurikulum Merdeka Sebagai Langkah Kritis Menuju Implementasi yang Optimal. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5564–5571. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7052

Na’imah, Z., Sarmini, S., Suprijono, A., & Marzuqi. Muhammad Ilyas. (2025). Persepsi Guru Mata Pelajaran IPS pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Negeri 1 Plumpang Kabupaten Tuban. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 3025–1443.

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Pinatih, N. P. S. (2020). Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 1(12), 65–76.

Pratiwi, M. A., & R. Wahyu, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning dan Case Method terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa. Foundasia, 15(2), 46–56.

Rahina, A. C., & Syamsi, K. (2023). Independent Curriculum in the Perception of Indonesian Language Teachers of Smp/Mts in Yogyakarta. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), 6(2), 54–57. https://doi.org/10.32996/ijllt.2023.6.2.8

Rahmiyati, D. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunal Administrasi Pendidikan, 9(1), 45–50.

Rifa’i, A., Kurnia Asih, N. E., & Fatmawati, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 1006–1013. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i8.471

Rokhyani, E. (2022). Penguatan Praksis Bimbingan Konseling Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2022 PD ABKIN JATIM Dan UNIPA SBY, 26–38.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Silitonga, E. P. S., Purba, J., & Turnip, H. (2023). Paradigma dan Perencanaan Kurikulum. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 147–155.

Sole, A. I. S., Pa, H. D. B., Boineno, M., & Selan, D. (2023). Peningkatan kompetensi guru SMP Kristen Taaba melalui pelatihan Kurikulum Merdeka Belajar. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 216–224. https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.24085

Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773–779. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291

Utami, R. L. (2020). Konsep Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 64–74. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.12270

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Yuliana, L., Hadi, S., & Purwanto, N. A. (2022). The Study of Learning Process Standard in Vocational High Schools During Covid-19

Outbreak in Indonesia and Malaysia. Proceedings of the 9th International Conference on Education Research, and Innovation (ICERI 2021), 188–197. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-67-1