Peningkatan motivasi membaca permulaan melalui metode scramble kalimat pada siswa Kelas 2 SDN Pandeyan Yogyakarta

Octavian Muning Sayekti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada aspek membaca permulaan di kelas 2 SD Negeri Pandeyan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan atau observasi, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskripsi komparatif. Peneliti membandingkan hasil sebelum penelitian dengan hasil pada akhir setiap siklus. Selain itu juga digunakan teknik analisis kritis dengan tujuan untuk mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kinerja siswa dan guru selama proses kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi membaca permulaan siswa dalam pembelajaran tematik muatan bahasa Indonesia kelas 2 SD Negeri Pandeyan dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode scramble. Peningkatan tersebut dapat dilihat sebagai berikut: (1) Pada siklus I meningkat menjadi 50% serta 85% siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran. antusiasme siswa dalam pembelajaran terjadi peningkatan pada siklus I 57% menjadi 78% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam apersepsi pada siklus I 50% meningkat menjadi 78% pada siklus II. Selanjutnya untuk keaktifan siswa selama proses KBM pada siklus I 57% meningkat menjadi 78% pada siklus II. Kemudian untuk keaktifan siswa dalam kegiatan tanya jawab pada siklus I 50% menjadi  64% pada siklus II.


Full Text:

82-89 PDF

References


Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Muka Bumi Menggunakan Model Scramble. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. Vol. 3. No 2, 134-140.

Artini, Vidya, I Wayan Sujana, I Km, Wiyasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompiang Sujana. Jurnal Mimbar PGSD Undikhsa. Vol 2. No. 1.

Dawadi. (2002). Langkah-Langkah Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Herwin, H. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 126 Lagoe. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 2, No.2, 41-48.

Küçükoĝlu, H. (2012). Improving Reading Skills Through Effective Reading. Procedia - Social and Behavioral Sciences Vol. 70, 709 – 714.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan aplikasi). Bandung: Refika Aditama.

Lahijan B,. (2016). The Impact of Motivation on English Language. Learning International Journal of Research in English Education. Vol. 1. No 1, 11-15.

Mulyasa. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nell K. Duke & Meghan K. Block. (2012). Improving Reading in the Primary Grades. The Future of Children , FALL. Vol. 22, No. 2, 55-72.

Patandung, Y. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology. Vol. 3. No. 1, 1-16.

Primadiniati, I & D. Djukri. 2017. Pengaruh Model Collaborative Learning terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia. Vol. 5. No. 1, 47-57.

Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 13, No. 1, 22-30.

Rahim, F. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Soeparno. (1988). Metode Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

Sudarmi & Burhanudin. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makasar. Jurnal Eralingua. Vol. 1. No. 1, 72-79.

Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Vokasi. Vol. 2. No. 2, 238-250.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.36160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats