Manajemen kultur sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Brebes

Authors

  • Evi Rovikoh Indah Saputri Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i1.27313

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan prestasi siswa adalah mengembangkan kultur sekolah. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan manajemen kultur sekolah di SMAN 2 Brebes sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan yang meliputi kultur berprestasi, berkarakter, dan kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kultur sekolah dilakukan dengan mengembangkan kultur berprestasi, berkarakter, dan kegiatan ekstrakurikuler. Kultur Berprestasi dilaksanakan  dengan kompetisi akademik, non-akademik, keikutsertaan lomba, pembelajaran efektif. Kultur berkarakter dilaksanakan dengan 18 nilai karakater yang harus dimiliki oleh warga sekolah serta kegiatan pembiasaan. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan meliputi kegiatan wajib dan pilihan. Upaya tersebut dilandasi oleh keinginan sekolah untuk berprestasi dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat bahwa sekolah mampu mencetak siswa yang berprestasi dan menjadi kebanggaan.

Kata kunci: Manajemen, Kultur sekolah, Mutu pendidikan

Downloads

Published

2019-09-24

How to Cite

[1]
Saputri, E.R.I. 2019. Manajemen kultur sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Brebes. FOUNDASIA. 10, 1 (Sep. 2019). DOI:https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i1.27313.

Issue

Section

Articles