Journal History

Terbitan jurnal ini menggunakan kata EFISIENSI. Seluruh kajian dalam bidang ilmu perkantoran pada ujung akhir mengharapkan sebuah efisiensi kerja dan tata kelola yang optimal sesuai standar yang telah ditetapkan. Efisiensi diperoleh dari sebuah perbandingan antara suatu usaha (input) dengan hasil (output) dengan tujuan untuk mengurangi segala pemborosan bahan, tenaga kerja, maupun gejala yang berpotensi merugikan. Efisiensi dalam bidang perkantoran sangat diperlukan untuk mengoptimalkan hasil kerja baik dengan pikiran untuk mendapatkan cara yang termudah, dengan tenaga untuk mendapatkan cara yang teringan, dengan waktu untuk mendapatkan cara yang tercepat, dengan ruang untuk mencapai cara yang terdekat, dan dengan benda untuk mencapai cara yang termurah.

Dasar pertimbangan tersebut yang menjadi dasar penamaan jurnal ini. Jurnal EFISIENSI - Kajian Ilmu Administrasi.

FILOSOFI LOGO EFISIENSI

Jika damati secara seksama, spiral pada "lampu pijar" menyerupai huruf E yang merupakan inisial dari efisiensi dan pada bagian bawah terdapat 3 buku yang ditumpuk dimana simbol tersebut melambangkan sebuah kajian berdasarkan referensi pustaka. Logo menyerupai lampu pijar dengan harapan dapat mengigatkan kita untuk terus mencari ide-ide baru guna meningkatkan efisiensi kerja dan pengelolaan khususnya bidang perkantoran sesuai fokus dan ruang lingkup kajian pada jurnal ini, juga sebagai lambang pemikir yang selalu mencoba berfikir futuristik dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar, selain itu juga sebagai cahaya pencerah bagi siapapun yang ingin mempelajari dan mengkaji lebih dalam tentang disiplin ilmu administrasi. Gambar buku yang tertata rapi juga melambangkan sebuah ajakan pada bidang apapun utamanya bidang administrasi untuk tertib secara administrasi, terstruktur, dan tertata rapi.

Warna biru diambil sebagai warna identik UNY. Warna kuning/emas untuk edisi terbitan identik dengan warna pada slogan UNY yaitu Unggul, Kreatif, Inovatif, Takwa, Mandiri, dan Cendekia sebagai salah satu lambang kejayaan dan optimisme dengan harapan suatu saat jurnal efisiensi menjadi yang terdepan dalam mengkaji ilmu-ilmu administrasi. Warna putih untuk teks kajian ilmu administrasi melambangkan kenetralan kajian maupun kenetralan reviewer sehingga menjadi naskah jurnal yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Jurnal EFISIENSI - Kajian Ilmu Administrasi edisi perdana yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2001.  Edisi pertama terbit dengan edisi Efisiensi No. 1, Volume I, Agustus 2001. Mulai Tahun 2012, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran bergabung dengan Fakultas Ekonomi sampai saat ini. Jurnal efisiensi sejak awal diterbitkan fokus pada dua hal yakni kajian ilmu administrasi yang fokus pada kajian pustaka/hasil pemikiran dan hasil penelitian bidang-bidang administrasi perkantoran. Journal ini diterbitkan sebagai wahana pengkajian masalah-masalah administrasi dan manajemen perkantoran, baik secara teoritik maupun prkatik. Fokus dan ruang lingkup kajian dalam jurnal ini dapat baca disini